29 C
Manado
Rabu, 25 November 2020

`Tantang` Izin, Aktivitas Bongkar Muat Masih Beroperasi

MANADOPOST.ID—Aktivitas bongkar muat tampak masih tetap dilaksanakan di eks lahan Manado Square, Kamis (22/10) kemarin. Meski sudah dihentikan oleh Satpol PP Kota Manado belum lama ini karena diklaim tak berizin, namun dari pantauan Manado Post, truk berbagai ukuran masih silih berganti masuk ke lahan di daerah Malalayang itu. Memuat beberapa macam material. Baik pasir maupun batu.

Untuk memasuki lahan yang diduga bermasalah ini, kendaraan harus melewati jalan becek dan berlubang besar. Kubangan bak kolam harus dilewati truk pengangkut material. Jalan masuknya pun terkesan ditutupi di daerah depan RS Prof Kandou.

Sekira 200 meter melewati jalan dengan kondisi kurang baik, dengan rumput dan bebatuan hasil reklamasi, langsung disuguhkan pemandangan tumpukan material pasir. Layaknya gunung sekira 15 sampai 20 meter. Di area lahan yang cukup luas.

Di bibir laut, juga masih ada dua kapal tongkang yang ‘parkir’. Mengapit satu kapal tunda yang sedang berlabuh. Dan di atas tongkang yang berukuran lebih besar, sekira 2 alat berat berjenis excavator sedang dioperasikan. Memindahkan atau mengatur material pasir yang dinaikkan oleh truk-truk yang lalu lalang masuk ke lokasi. Tampak juga ada excavator lain yang terparkir di lokasi tersebut.

Beberapa orang juga terlihat beraktivitas. Baik di atas tongkang dan di beberapa area lahan. Selain itu, beberapa area di lokasi itu juga dijadikan spot memancing oleh warga.

Kepala Bidang Perhubungan Laut Dishub Provinsi Sulut Stenly Patimbano menyebut apa yang disampaikan Kasat Pol PP Kota Manado Yohanis Waworuntu yang menyebut ada aktivitas di lahan eks Manado Square adalah benar.

“Untuk penjelasan terkait keberadaan Tongkang yang diizinkan bongkar muat di lokasi tersebut sebaiknya dikonfirmasi langsung ke KSOP Manado. Karena itu adalah kewenangan KSOP Manado,” jelas dia.

Kata dia lagi, pada prinsipnya sesuai ketentuan pelayaran, kegiatan bongkar muat dapat dilakukan diluar Kepabeanan dengan seizin Syahbandar. “Apabila Pelabuhan setempat tidak dapat melayani karena keterbatasan fasilitas dengan mempertimbangkan jenis material bongkaran. Namun kegiatan itu sifatnya insidentil saja,” tandas dia.

Namun Kepala Kantor Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan (KSOP) Manado Mozes Karaeng, ketika hendak dikonfirmasi terkait pelabuhan bongkar muat ilegal di eks Manado Start Square tersebut, tidak bisa ditemui di kantornya.

Bahkan pegawai KSOP terkesan menghalangi untuk bisa mewawancarai atasan mereka. Padahal dari informasi diterima, kepala KSOP lagi berada di tempat. Tetapi enggan bertemu. “Silakan kembali lagi esok,” ungkap salah seorang pegawai kepada wartawan harian ini.

Kepala SatPol-PP Kota Manado Yohanis Waworuntu diwawancarai harian ini Selasa lalu, membenarkan ada aktivitas illegal di kawasan tersebut. Disebutkan Waworuntu, pihaknya telah turun ke lokasi bersama Camat Malalayang, Koramil dan Polsek melakukan penertiban aktivitas bongkar muat di lokasi eks Start Square.

“Sebab Pemerintah Kota Manado, tidak memberikan izin aktivitas bongkar muat material di situ. Karena hasil koordinasi dengan Dishub Provinsi Sulut, di Manado tidak ada terminal khusus bongkar muat material,” ujarnya.(mg-06/mg-07/ctr-02/cw-01/gnr)

-

Artikel Terbaru

AHY Hadiri Media Gathering, Lombok Dapat Ucapan Spesial

Ketua Umum Partai Demokrat Sulut Agus Harimurti Yudhoyono kunjungi Kota Manado.

Gokil! BLACKPINK Joget Ampun Bang Jago

Apa jadinya Jennie, Jisoo, Rose dan Lisa joget dengan lagu Ampun Bang Jago? Eits, bukan hoax! Aksi keempat member BLACKPINK tersebut benar nyata terjadi. Ini terlihat lewat potongan klip singkat yang diunggah di akun Instagram Tokopedia kemarin (24/11).

Bersama Mor-HJP, Bahagia Warga Manado

Pasangan Calon (Paslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Manado Nomor Urut 3 Mor Dominus Bastiaan-Hanny Jost Pajouw (Mor-HJP) berkomitmen menjadi orang yang paling melayani di Kota Doa dan Berkat.

Foto Simulasi Pencoblosan JPAR-Ai Sarat Rekayasa & Hoax

Wakil Ketua DPD Nasdem Kota Manado Arthur Rahasia secara tegas mengatakan, foto simulasi tatacara pencoblosan kertas suara yang dilakukan calon Wali Kota Manado Julyeta Paulina Amelia Runtuwene (JPAR) pada sesi closing statement acara debat publik yang dilaksanakan KPUD Kota Manado Selasa (24/11) malam yang beredar luas di publik adalah hoax dan sarat dengan rekayasa politik semata.

Kemanapun Berkunjung, VAP Selalu Didoakan Warga jadi Pemimpin Sulut

Dr (HC) Vonnie Anneke Panambunan STh adalah sosok yang tak kenal lelah. Di tengah kesibukannya sebagai calon Gubernur Sulut, VAP-sapaan akrab Panambunan, selalu menyempatkan diri memenuhi undangan dan menjawab keinginan warga.