31 C
Manado
Rabu, 28 Oktober 2020

Asuransikan Puluhan Ribu Petani, Gubernur OD Masuk Rekor Dunia

MANADOPOST.ID—Sektor pertanian mendapat perhatian khusus Pemprov Sulut di bawah pemerintahan Olly Dondokambey dan Steven Kandouw. Di HUT ke-56 Provinsi Sulut kemarin, Olly kembali membeber capaian semua sektor, termasuk pertanian. Diapun bertekad memajukan pertanian.

Olly mengakui, sektor pertanian menjadi primadona yang membantu perekonomian Sulawesi Utara, apalagi di tengah pandemi Covid-19. “Pertumbuhan ekonomi kita di bidang infrastruktur nol, karena tidak ada pembangunan infrastruktur selama pandemi. Begitu juga dengan pariwisata yang kena dampak Covid-19. Tetapi pertumbuhan ekonomi kita ditopang pertanian. Sehingga Sulut masih baik,” sebut Olly.

Dia mencontohkan penjualan komoditi kopra yang  kini lebih baik. “Kita berdoa harga kopra naik terus sampai 10.000 per kilogram,” tambah Olly. Ini lanjutnya berpengaruh pada pertumbuhan ekonomi (PE). Di mana, PE Sulut lebih baik dengan DKI Jakarta dan Bali, serta daerah lain yang anjlok, minus di atas 5 persen.

Dia mengatakan, pertumbuhan ekonomi di Sulut merata di 15 kabupaten/kota. Sangat berbeda dengan provinsi lain. Ada yang hanya di satu daerah karena punya industri. Olly terus berkomitmen menyeriusi sektor pertanian. Olly menguraikan, Nilai Tukar Petani dari 96,21 di tahun 2016 menjadi 98,23 di tahun 2019.

Ini mengindikasikan tingkat kesejahteraan petani semakin meningkat. Kemudian PPN Produk Pertanian tidak hanya dinikmati masyarakat Sulut, tapi seantero Indonesia. Dalam langkah mewujudkan Sulut berdaulat pangan. Penurunan tarif efektif pajak pertambahan nilai produk pertanian dari 10% menjadi 1%.

Pemprov Sulut juga memberikan asuransi untuk petani, pembagian bibit unggul dari beragam komoditi tani, modernisasi tambak udang tradisional, bantuan mesin perahu dan jaring apung buat para nelayan, bantuan alat pertanian, bantuan mesin pengolah kelapa ke daerah daerah sentra kelapa, dan pengolahan kelapa.

Sulut pun kembali mendapat pengakuan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai rekor dunia ‘Pemrakarsa dan Penyelenggara Perlindungan Program BPJamsostek kepada Petani Terbanyak’ yang tercatat dengan nomor No.9650/R.MURI/IX/2020.

Rekor ini terkait dengan perhatian Pemprov Sulut yang menggandeng BPJS untuk memberikan perlindungan jaminan sosial bagi 36.000 buruh tani dan petani penggarap di wilayah Sulut.

Kedua profesi tersebut tergolong sebagai Peserta Bukan Penerima Upah (BPU) yang perlindungannya dicover oleh APBD Pemerintah Provinsi Sulut. Sebagai bukti komitmen terhadap nasib para petani penggarap dan buruh tani, Gubernur Olly terus berkoordinasi dengan sejumlah pihak yakni BPJS Ketenagakerjaan, Dinas Pertanian dan Peternakan, serta Disnakertrans. Gubernur Olly secara simbolis menyerahkan kartu kepesertaan BPJamsostek kepada 5 perwakilan buruh tani dan petani penggarap di Kantor Gubernur Sulawesi Utara, Rabu (23/9).

Hal tersebut sekaligus membukukan rekor baru setelah sebelumnya Pemprov Sulut juga pernah membuat rekor dengan memberikan perlindungan program jaminan sosial kepada 35.000 pekerja lintas agama pada tahun 2018.

“Sebenarnya kami akan mendaftarkan sebanyak 150.000 buruh tani dan petani penggarap. Namun, saat ini baru 36.000 petani yang telah memenuhi syarat administasi yaitu KTP, karena banyak dari mereka yang ragu untuk mencantumkan profesi petani di KTP mereka. Oleh karena itu saya mengimbau agar jangan pernah merasa ragu dan takut menjadi petani, karena sudah dilindungi oleh BPJAMSOSTEK,” tegas OD.

Gubernur Olly juga mengatakan, peringatan HUT ke-56 Provinsi Sulut menjadi momentum melipatgandakan semangat, sumberdaya dan kekuatan untuk merealisasikan cita-cita besar Gubernur pertama Provinsi Sulawesi Dr Sam Ratulangi menjadikan Sulut sebagai Pacific Gateway of Indonesia termasuk kerinduannya untuk menjadikan wilayah Nyiur Melambai ini diperhitungkan di Asia Pasifik.

“Kemajuan daerah yang mampu tercipta secara signifikan, ditopang oleh geoposisi wilayah Sulawesi Utara yang berada di bibir pasifik, serta kebijakan strategis pembangunan daerah dan optimalisasi sektor-sektor unggulan Sulawesi Utara, seperti pertanian, kelautan, perikanan dan pariwisata. Selain itu, karena adanya dukungan eksternal yang sinergis dengan upaya Pemerintah Provinsi dalam menjaga eksistensi Sulawesi Utara sebagai pintu gerbang Indonesia di Kawasan Pasifik,” kata Olly.

Untuk itu, Olly optimis kepemimpinannya di Sulut bersama Wakil Gubernur Steven O.E. Kandouw dapat mewujudkan cita-cita besar Sam Ratulangi ini visi yaitu ”terwujudnya Sulawesi Utara yang Berdikari Dalam Ekonomi, Berdaulat Dalam Politik dan Berkepribadian Dalam Budaya”. Visi ini ditetapkan dalam RPJMD Sulut 2016-2021.

“Saya dan saudara Steven Kandouw terus berupaya turut mewujudkan cita-cita besar tersebut, tentunya dengan harapan adanya dukungan semua masyarakat Sulawesi Utara termasuk dalam proses kerja mapalus, mapaluse, moposad, gotong royong, kesatupaduan, kemanunggalan dan kesinambungan yang wujud nyatanya tercermin dari eksistensi Sulawesi Utara yang semakin hebat,” ujarnya.

Sementara itu terkait asuransi petani, Direktur Utama BPJAMSOSTEK Agus Susanto menuturkan, profesi di bidang pertanian memiliki risiko kecelakaan kerja maupun sosial ekonomi yang sangat besar, oleh karena itu perlindungan jaminan sosial menjadi hal krusial yang harus dimiliki para petani.  “Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara yang telah mempercayakan perlindungan para petani di wilayahnya kepada BPJAMSOSTEK,” ungkap Agus.

Di kesempatan yang sama, Anggota Dewan Pengawas BPJS-TK Rekson Silaban yang turut mendukung langkah dan kepedulian Pemprov Sulawesi Utara dalam menjamin kesejahteraan masyarakat pekerja di daerahnya. “Saya sangat mendukung inovasi Pemprov Sulut untuk memberikan perlindungan kepada para petani, karena mereka memiliki jasa yang besar kepada perekonomian negeri ini, namun banyak diantara mereka yang belum hidup sejahtera dan tidak memiliki jaminan sosial yang bisa melindungi mereka dari risiko-risiko yang mungkin terjadi saat mereka bekerja. Saya berharap Provinsi lain juga dapat mengikuti apa yang telah dilakukan oleh Pemprov Sulut ini,” tandas Rekson.

Diketahui, perlindungan yang diberikan adalah Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM) hingga bulan Desember 2020, dan sesuai Peraturan Gubernur perlindungan tersebut akan terus dianggarkan setiap tahunnya.

Adapun manfaat dari program JKK adalah perlindungan atas risiko kecelakaan kerja mulai dari perjalanan pergi, pulang dan di tempat kerja, perawatan dan pengobatan tanpa batasan biaya sesuai kebutuhan medis, santunan pengganti upah selama tidak bekerja, santunan kematian karena kecelakaan kerja sebesar 48x upah, santunan cacat total hingga maksimal sebesar 56x upah, dan bantuan beasiswa maksimal sebesar Rp 174 juta untuk maksimal dua orang anak sejak masuk taman kanak-kanak (TK) hingga anak pekerja lulus dari bangku kuliah.

Sedangkan program JKM memberikan manfaat berupa santunan kepada ahli waris sebesar Rp42 juta yang terdiri dari santunan kematian yang diberikan secara sekaligus dan berkala selama 24 bulan serta bantuan biaya pemakaman. Ditambah dengan bantuan beasiswa yang sama dengan manfaat JKK yaitu untuk 2 orang anak dengan maksimal Rp174 juta. “Semoga dengan diberikan perlindungan ini, petani di wilayah Sulawesi Utara dapat bekerja lebih tenang, produktivitas meningkat sehingga mampu membantu pemulihan ekonomi nasional yang terkena imbas pandemi Covid-19,” tutupnya.(cw-01/ayu/gel)

-

Artikel Terbaru

Milenial BMR Siap Menangkan Olly-Steven

MANADOPOST.ID—Arus dukungan terhadap Paslon Petahana Sulut, Olly Dondokambey dan Steven Kandouw (OD-SK) di Pilkada Sulut 2020, terus bergelombang.

Paruntu-Panambunan Siap Menangkan Olly-Steven dan AA-RS

MANADOPOST.ID—Arus dukungan terus berdatangan kepada pasangan Olly Dondokambey dan Steven Kandouw. Kini kembali terbentuk satu lagi dukungan datang dari kaum milenial, yakni Jaringan Anak Milenial (JAM) Sulut Hebat.

HR Hadiri Konsolidasi Internal Partai Nasdem Bitung

Calon Wakil Gubernur Sulut Dr Hendry CM Runtuwene STh MSi, Selasa (27/10) menghadiri Konsolidasi Internal Partai Nasdem Kota Bitung bertempat di Kelurahan Sagrat, Kecamatan Matuari.

Warga Minut Kepulauan Antusias Sambut VAP

Calon gubernur dan wakil gubernur Sulut, Dr (HC) Vonnie A Panambunan STh (VAP) dan Dr Hendry Runtuwene STh (HR), terus mendapat dukungan.

Samsung Home Appliances Hadirkan Solusi Hidup Sehat

MANADOPOST.ID—Samsung Electronics Indonesia hari ini resmi meluncurkan rangkaian Home Appliances terbaru untuk mendukung konsumen Indonesia yang kini melakukan sebagian besar kegiatan di rumah. Samsung Refrigerator Multidoor RF60 ciptakan kemudahan penyimpanan banyak bahan makanan dengan pengaturan suhu spesifik sesuai tipe makanan untuk menjaga kesegarannya.