29C
Manado
Kamis, 21 Januari 2021

Dispendik Koordinasi Kesiapan Pembelajaran Tatap Muka

MANADOPOST.ID–Pemerintah pusat memutuskan bahwa pemerintah daerah dapat membuka sekolah tatap muka di masa pandemi Covid-19. Pemberlakuannya di semester genap per Januari 2021.

“Keputusan tersebut berdasarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) empat menteri terbaru, yakni Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, dan Menteri Dalam Negeri. Kalau menurut penjelasan itu, sekolah sudah bisa dibuka untuk tatap muka mulai awal semester genap di Januari 2021,” ungkap Kadis Pendidikan Minahasa Riviva Maringka saat diwawancarai Manado Post, Senin (23/11).

Dia menambahkan, meski telah dibuka, setiap sekolah harus melengkapi persyaratan yang diberikan. “Kurang lebih ada enam syarat yang mengacu pada protokol kesehatan yang lengkap. Kalau semuanya itu terpenuhi baru bisa untuk tatap muka,” jelasnya.

Untuk Kabupaten Minahasa sendiri, Maringka mengatakan, sampai saat ini pihaknya masih sementara melakukan koordinasi lebih lanjut dengan pimpinan daerah.

“Namun untuk Minahasa, kita masih akan koordinasikan dengan kepala daerah serta semua unsur. Masih ada sekira satu bulan waktu untuk kita koordinasi serta evaluasi sekolah di daerah mana saja yang sudah bisa tatap muka sesuai dengan zona-zona yang ada,” tukas Maringka.

Terpisah Bupati Minahasa Royke Octavian Roring (ROR) saat diwawancarai mengatakan, pihaknya akan berkoordinasi kembali terkait hal tersebut. Namun, katanya, melihat kondisi terakhir masih terjadi peningkatan untuk pasien Covid-19, maka direncanakan akan kembali berpatokan pada zona wilayah yang ada.

“Kita akan kembali berpatokan kepada zona yang sudah ditetapkan. Kalau zona hijau sudah bisa untuk pembelajaran tatap muka. Kalau masih di zona merah, tentu itu tidak bisa,” katanya.

Untuk itu Roring berharap agar masyarakat yang ingin anaknya kembali bersekolah, harus mulai dari sekarang menerapkan prokes dengan baik.

“Makanya kita berharap, supaya anak-anak kita bisa cepat masuk sekolah, mari semua orang tua, dan kita semua untuk tekan covid-19 ini sebaik-baiknya dengan menerapkan protokol kesehatan ketat,” pungkasnya.(cw-01/rgm)

Artikel Terbaru