28 C
Manado
Minggu, 16 Mei 2021
spot_img

Soal Kolom Transgender di KTP, Ini Tanggapan Kemendagri

JAKARTA—Isu mengenai adanya kolom transgender di KTP sebagai jenis kelamin langsung direspon Kementerian Dalam Negeri. Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Ditjen Dukcapil) memastikan kabar tersebut tidak benar.

Dirjen Dukcapil Kemendagri, Zudan Arif Fakrulloh dalam keterangannya, Minggu (25/4), seperti dilansir di Jawapos.com menegaskan, tidak ada kolom jenis kelamin transgender pada kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) dan kartu keluarga (KK). Dukcapil hanya membantu proses pembuatan dokumen kependudukan.

“Kalau dia laki-laki, ya dicatat sebagai laki-laki, kalau dia perempuan juga dicatat sebagai perempuan. Dicatat sesuai jenis kelamin yang aslinya,” katanya. Kecuali, lanjut Zudan, bagi mereka yang sudah ditetapkan pengadilan adanya perubahan jenis kelamin.

Lebih jauh dia menekankan jika dalam dokumen e-KTP dan KK tidak bisa menggunakan nama inisial. “Tidak dikenal nama alias. Misalnya, nama Sujono, ya ditulis Sujono, bukan Sujono alias Jenny. Mau diubah pakai nama panggilan perempuan di e-KTP? Tidak bisa, sebab urusan mengganti nama dan ganti kelamin harus ada putusan dari Pengadilan Negeri terlebih dulu,” ungkap Zudan.(jpc/gel)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Artikel Terbaru