25C
Manado
Senin, 1 Maret 2021

Pandangan Psikolog, Ada Dorongan Emosi yang Terpendam

MANADOPOST.ID–Warganet dihebohkan dengan video viral oknum Wakil Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Utara berinsial JK, diduga menyeret sang istri berinisial MP dengan mobil, di Kelurahan Tumatangtang, Tomohon Selatan.

Psikolog Hanna Monareh menilai, dari video tersebut, harus berempati pada seorang perempuan, istri yang berusaha memperjuangkan keluarganya.

“Ketika dia sampai berani melakukan hal yang seperti di video tersebut ini adalah dorongan dalam dirinya yang sudah terpendam. Apalagi ini terjadi di tempat terbuka. Masalah yang sebenarnya bisa diselesaikan internal. Namun dorongan emosi yang terpendam itu memberanikannya untuk melakukan hal tersebut,” tutur Monareh.

Berhubungan dengan pemberitaan di media sosial yang mengatakan orang ketiga, menurutnya mereka tipe yang cenderung memiliki kontrol diri rendah, mudah terpengaruh sehingga kurang lagi memahami norma.

“Sebuah perselingkuhan butuh dua pihak untuk bisa terjadi karena secara sadar memutuskan untuk menjalin hubungan terlarang. Risiko dari setiap tindakan ada, berhadapan dengan persepsi masyarakat,” tukasnya.

Kemudian masyarakat, kata Monareh, lebih banyak tidak mengetahui masalah sebenarnya. Apa yang terjadi dalam keluarga, hubungan suami istri.

“Masyarakat hanya akan menilai apa yang terlihat oleh mereka. Setiap kita bisa memiliki persepsi berbeda dengan video tersebut. Namun mari kita berempati. Sebenarnya masalah internal keluarga ini dapat terselesaikan dengan baik,” tandasnya.(gel)

Artikel Terbaru