25C
Manado
Senin, 1 Maret 2021

Video Viral Wakil Ketua DPRD, Pakar Hukum: Masuk KDRT, Bisa Diproses

MANADOPOST.ID—Sanksi sosial sedang ‘dinikmati’ oknum Wakil Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Utara berinsial JK, yang ramai diperbincangkan masyarakat Sulut karena diduga menyeret sang istri berinisial MP dengan mobil, di Kelurahan Tumatangtang, Tomohon Selatan.

Dugaan sementara, itu terjadi karena sang istri memergoki politikus Partai Golkar ini sedang bersama simpanannya. Meski ini merupakan masalah keluarga, namun peristiwa tersebut terlanjur jadi konsumsi masyarakat luas.

Karena ramai beredar di hampir semua platform media sosial. Termasuk akun-akun gosip nasional. Perempuan yang diduga simpanan JK pun tak lolos dari sorotan masyarakat. Bahkan foto jelas gadis berinisial AS ini, ramai diposting di media sosial.

Pakar Hukum Sulut Eugenius Paransi SH MH mengatakan, pihak kepolisian bisa langsung memproses perilaku dugaan KDRT yang melibatkan JK, yang terlihat dalam video amatir yang sudah viral di medsos hingga media massa.

“Jadi dengan melihat bukti video apalagi disaksikan banyak orang, tindakan tersebut masuk KDRT dan bisa diproses pihak kepolisian tanpa adanya laporan dari istri,” tegas dia ketika dihubungi Manado Post.

Tindakan tersebut kata dia lagi masuk Pasal 54 KUHP, delik tindak pidana percobaan (fogging). Menurutnya pasal tersebut juga harus memenuhi tiga unsur. Pertama adanya niat (kesengajaan).

kedua adanya permulaan pelaksanaan, ketiga delik tindak pidana tidak selesai, bukan kehendak, akan tetapi ada pengaruh orang banyak yang terlibat atau di lokasi kejadian. “Hukuman penjaranya 1/3 dari pasal 338, yakni 5 tahun penjara,” jelas dia.(*)

Artikel Terbaru