26C
Manado
Senin, 1 Maret 2021

Dilantik Jokowi, Listyo Sigit Prabowo Resmi Pimpin Polri

MANADOPOST.ID–Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo resmi menjadi orang nomor satu di Kepolisian RI. Mantan ajudan Presiden Joko Widodo ini dilantik sebagai Kapolri menggantikan Jenderal Pol Idham Azis. Pelantika dilaksanakan di Istana Negara, Jakarta Jokowi pada Rabu (27/1).

“Mengangkat Komisaris Jenderal Listyo Sigit Prabowo sebagai Kepala Kepolisia Republik Indonesia. Keputusan Presiden ini berlaku sejak mulai menjabat,” ucap Sekretaris Militer Presiden membacakan Keputusan Presiden.

Proses selanjutnya dilanjutkan dengan pembacaan sumpah jabatan sebagai Kapolri. Pembacaan sumpah dipimpin oleh Jokowi dan diulang oleh Listyo.

“Demi Tuhan yang Maha Esa. Saya menyatakan dengan sungguh-sungguh bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang berdasarkan Pancasila, dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945. Serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjungjung tinggi etika jabatan bekerja dengan sebaik-baiknya dan penuh rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan menjungjung tinggi Tribata. Kiranya tuhan menolong saya,” ucap Jokowi yang diulangi oleh Listyo.

Dalam kesempatan ini, Listyo juga langsung diberikan kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi. Bintang di pundaknya bertambah menjadi 4 atau berpangkat Jenderal. Proses pelantikan ditutup dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, dan doa.(JPG)

Artikel Terbaru

Penyebar Foto ETLE Bisa Digugat

CS-WL Gercep Sinkronkan Program Kerja

JG Siapkan Pergeseran Anggaran