25.2C
Manado
Selasa, 13 April 2021

Ini Kronologis Kecelakaan yang Sebabkan Tubuh Korban Terlindas Kontainer

MANADOPOST.ID—Kecelakaan lalu lintas (lakalantas) yang terjadi di jalan raya by pass Tol Manado-Bitung, Desa Tumaluntung, Kecamatan Kauditan, Minahasa Utara (Minut), kemarin, ternyata diakibatkan fungsi rem kendaraan kurang baik. Diketahui, video pasca kejadian tersebut sempat viral di media sosial (medsos).

Dijelaskan Kasat Lantas Polres Minut Iptu Rudhan Kasenda melalui rilis LP/157/III/2021/LL/Res Minut yang diterima Manado Post pagi ini (27/3), lakalantas terjadi Jumat (26/3) kemarin, sekira pukul 11.30 Wita. Kala itu, pengemudi Tronton Nissan DB 8440 QC Vernando Tahir (25), warga Kelurahan Pateten Dua, Kecamatan Aertembaga, Bitung, memarkirkan kendaraannya tepat di bahu jalan sebelah kiri arah Manado-Bitung untuk bertemu keluarganya.

Dia pun turun dari kendaraan dan berjalan ke belakang tronton yang dikemudikannya kemudian menunggu keluarga yang akan ditemui. Tak sendiri, tepat di belakang kendaraan yang diparkirnya, ada Minibus Toyota Avanza DB 1907 BJ yang dikemudikan Rahmat Ishak (30), warga Kelurahan Madidir Unet, Kecamatan Madidir, Kota Bitung. Mobil tersebut juga diparkir sejajar di bahu jalan.

Tepat di depan pengemudi Nissan Tronton yang sedang berdiri. Tak lama berselang lama, Mitsubishi Box DB 8224 AY yang dikemudikan Andris George (25), warga Desa Kawangkoan Baru, Kecamatan Kalawat, Minut, melaju dengan cepat dari arah Manado menuju Bitung, hilang kendali dan keluar jalur ke kiri hingga menabrak kedua kendaraan yang sedang terparkir di bahu jalan.

Akibatnya, mobil Avanza yang dihantam dari belakang merangsek ke bagian bawah tronton hingga menabrak korban Fernando Tahir yang sedang berdiri tepat di depannya. Separuh tubuh korban tembus ke dalam mobil hingga kaca depannya pecah. Sebagiannya lagi tubuh korban terlindas tronton yang dikemudikannya.

Tak sendirian, penumpang Abdul Rahman Aliwu (20), warga Madidir Unet, Kecamatan Madidir, Kota Bitung, juga mengalami luka dan benturan di bagian dada sehingga dirawat di RS Hermana Lembean. “Jadi ada dua korban luka yang kita identifikasi masih luka ringan dan tidak ada korban jiwa. Kerugian materialnya ditaksir mencapai Rp30 juta,” ungkap Kasenda.

Mantan Kapolsek Likupang itu menyebut, lakalantas terjadi akibat kurang hati-hatinya pengemudi Mitsubishi Box DB 8224 AY. Karena saat mengemudikan kendaraan tersebut, fungsi pengereman tidak berfungsi dengan baik sehingga keluar jalur ke kiri dan menabrak kendaraan lain yang sedang terparkir di bahu jalan. “Kita sudah melakukan olah TKP dan mengamankan barang bukti yang ada,” tukasnya. (jen)

Artikel Terbaru