25 C
Manado
Kamis, 6 Mei 2021
spot_img

Mencuat Lagi Masuk Kabinet Jokowi, OD Bisa Nyalon Lagi 2024

MANADOPOST.ID—Isu reshuffle Kabinet Indonesia Maju semakin santer. Nama Gubernur Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey kembali mencuat. Warga Sulut pun mendukung, bahkan mendorong agar Presiden Jokowi menunjuk Olly menjadi ‘pembantunya’.

Jika Olly benar-benar masuk kabinet Jokowi sebelum menjabat selama 2,5 tahun pada periode keduanya, peluang Olly maju di Pilgub 2024 bisa jadi kenyataan. Sebab, menurut pengamat politik Sulut Dr Ferry Liando, salah satu syarat menjadi kepala daerah adalah belum menjabat dua periode baik secara berturut, tidak berturut, dalam dua daerah yang berbeda.

“Namun jika Pak Olly mengundurkan diri sebelum dua tahun setengah pada periode kedua maka UU masih kemungkinan. Sebab jika seseorang belum menjabat di atas dua tahun setengah maka belum terhitung satu periode menjabat. Sehingga jika hendak mencalonkan diri pada Pilkada 2024 maka yang bersangkutan masih memenuhi syarat,” bebernya.

Olly Dondokambey

Olly Dondokambey

Olly Dondokambey

Namun demikian lanjutnya, keadaan seperti ini agak sulit akan dilakukan Olly. “Karena ini berkorelasi dengan fatsoen politik. Pihak yang mewacanakan ini saya yakin bukan berasal dari beliau. Bisa jadi ada pihak-pihak yang akan merasa diuntungkan jika hal ini benar-benar terjadi. Tapi saya berharap tak mungkin cara-cara ini seperti bisa diakukan. Walaupun tidak ada norma yang akhirnya dilanggar, namun dalalm politik ada yang disebut fatsoen,” ungkap Dosen Ilmu Politik Unsrat Manado ini.

Liando menambahkan, ada empat instrumen yang bisa mendukung Olly jika diwacanakan masuk kabinet. Pertama, instrumen konstitusi.

“Setiap warga negara sepanjang memenuhi persyaratan UU berhak menduduki jabatan apapun dalam pemerintahan termasuk menteri. Pengisian jabatan tidak boleh membeda-bedakan suku, agama ataupun etnik,” tuturnya.

Kedua katanya, Olly adalah Bendahara DPP PDIP. “PDIP adalah parpol pengusung Jokowi pada Pilpres 2019 lalu. Secara politis Pak Olly sangat diuntungkan. Pak Olly juga telah memiliki pengalaman panjang sebagai politisi baik sebagai legislator maupun sebagian eksekutif. Sehingga pengalaman itu bisa jadi modal menjadi calon menteri,” ujarnya,

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Artikel Terbaru