32C
Manado
Kamis, 21 Januari 2021

Distanak Kena Sorot, Pupuk di Minsel Langka

MANADOPOST.ID—Bulan November 2020 ini musim tanam bagi petani. Tapi saat ini kelangkaan pupuk terjadi. Membuat petani kesulitan mencari pupuk.

Dengan kelangkaan pupuk tersebut, membuat Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), mendapat sorotan dari kelompok tani (Poktan).

Demikian disampaikan Ketua Kelompok Tani Andalan Nasional (KTNA) Sulawesi Utara (Sulut) George Umpel, yang mempertanyakan peran Distanak Minsel saat ini.

“Kenapa justru persoalan petani tak kunjung selesai. Ataukah, mereka hanya mementingkan karir sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) ataukah mementingkan calon kepala daerah. Jadi, pemerintah harus bijak menyelesaikan kekurangan bibit maupun pupuk yang menjadi dilema para petani. Kasihan ya, mereka sekarang mau bertanam, tapi jujur mau cari dimana bibit maupun pupuk,” imbuhnya.

Dikatakannya Umpel, beberapa kali dirinya menghadap ke Distanak Minsel. Tapi, Kepala Distanak Minsel Franki Pasla, tidak bisa untuk bertemu dengan alasan sakit. Juga Sekretaris Distanak Minsel Agus Sumajow, yang disampaikan belum datang.

“Jadi, saya waktu itu mau bertemu kepala dinas atau sekretaris dinas, namun keduanya tak ada dikantor. Oh, bukan main sulitnya menemui mereka. Jangan-jangan keduanya hanya mementingkan calon kepala daerah dibelakang layar panggung. Jangan sampai bingung dengan politik, lantas mengacuhkan kepentingan petani. Saat ini banyak mengeluh terkait pupuk, saya harap Distanak Minsel segera berikan solusi,” kuncinya.(ewa/gel)

Artikel Terbaru