27C
Manado
Sabtu, 27 Februari 2021

Korban Banjir Banyak Kehilangan Dokumen Kependudukan

MANADOPOST.ID–Bencana banjir dan tanah longsor baru-baru ini membuat warga Kota Manado kehilangan dokumen kependudukan.

Salah satu warga yang terdampak bencana berharap, pemerintah dapat memberikan kemudahan dalam mengurus Kartu Keluarga (KK) akta kelahiran dan KTP. Karena sudah hilang terbawah banjir,” ujarnya.

Dia mengatakan, pihaknya tidak bisa mengantisipasi kedatangan banjir. Dipikir banjir tidak bisa merendam rumah, tapi nyatanya air begitu cepat sehingga menggenangi rumah sampai 1,5 meter. “Saking paniknya kami tidak bisa menyelamatkan dokumen kependudukan,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Manado Julises Oehlers SH, mengatakan, sesuai undang – undang no 24 tahun 2013 tentang administrasi kependudukan, untuk korban rentan dan penduduk korban bencana mendapatkan perlakuan khusus dalam pembuatan dokumen.

“Sesuai UU untuk penduduk rentan dan korban bencana mendapatkan perlakuan khusus, tapi tetap sesuai prosedur pemberian dokumen bagi penduduk bencana,” kata Oehlers.

Menurut dia, dokumen yang akan diberikan bersifat sementara sesuai aturan yang berlaku. “Nanti setahun kemudian baru kita ganti dengan dokumen sesungguhnya,” ujar Oehlers.

Dia menambahkan, akan berupaya mempercepat semua proses pembuatan dokumen, hal ini dilakukan demi kepentingan masyarakat.(ite)

Artikel Terbaru

JG Siapkan Pergeseran Anggaran

Kapolda-Danrem Kunjungi Talaud