29.4 C
Manado
Minggu, 20 Juni 2021
spot_img

Astaga! Bahan Peledak di Markas FPI Bisa Dibuat Bom Mother of Satan, Begini Bahayanya

MANADOPOST.ID – Pihak kepolisian telah memastikan serbuk dan cairan kimia yang ditemukan dalam penggeledahan di bekas markas FPI di Petamburan, Jakarta Pusat pada Selasa (27/4) sore kemarin, adalah bahan baku untuk membuat bom

Hal itu diungkapkan Kabag Penum Divisi Humas Polri, Kombes Ahmad Ramadhan Selasa (27/4) malam kemarin saat menggelar jumpa pers di Polda Metro Jaya.

Bahan baku bom Mother of Satan yang ditemukan di bekas markas FPI (pojoksatu)

Ia mengatakan bubuk putih dan cairan yang ditemukan di bekas markas FPI tersebut merupakan bahan peledak TATP (triaceton triperoxide) atau bisa dikenal dengan nama The Mother of Satan.

“Beberapa botol plastik yang berisi cairan TATP. Ini aseton yang digunakan untuk bahan peledak,” kata Ramadhan.

Pengacara Habib Rizieq Shihab, Munarman telah tiba di Rumah Tahanan (Rutan) Narkoba Polda Metro Jaya. Dia datang dikawal ketat oleh penyidik Detasemen Khusus (Densus) 88 Anti Teror Polri. (istimewa)

Ia juga menyebut, serbuk dan cairan yang ditemukan di bekas kantor FPI diduga mengandung nitrat yang sangat tinggi.

Namun, saat ini barang bukti tersebut masih terus diselidiki tim Pusat Laboratorium Forensik (Labfor) Polri.

“Beberapa tabung yang isinya adalah serbuk yang dimasukan ke botol yang serbuk tersebut mengandung nitrat yang sangat tinggi, jenis aseton,” ujarnya.

Penangkapan mantan bos FPI yang diduga terlibat sejumlah aksi terorisme

“Saat ini, barang bukti tersebut sedang diteliti oleh tim Pusat Laboratorium Forensik (Labfor) Polri,” tandasnya.

Bahaya Bom Mother of Satan

Dilansir dari wikipedia Indonesia ternyata penggunaan bom Mother of Satan sudah lama digunakan.

Diketahui TATP bebas nitrogen telah digunakan sebagai bahan peledak pilihan dalam beberapa serangan bom teroris sejak 2001, termasuk pemboman London pada 7 Juli 2005 , di mana empat pembom bunuh diri menewaskan 52 orang dan melukai lebih dari 700.

Bom mother of satan ini juga sangat berbahaya dan menjadi favorit para teroris, sebab selain bahan baku yang mudah didapat, juga sulit untuk terdeteksi (pojoksatu/tr-01)

Sebagian artikel ini telah tayang di pojoksatu dengan judul Dipastikan, Serbuk dan Cairan di Eks Markas FPI itu Ternyata Bahan Bom Mother of Satan!

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Artikel Terbaru