26C
Manado
Senin, 1 Maret 2021

Kuasa Hukum AMA-UKP Sebut Ada Pelanggaran TSM di Pilkada Boltim, Ada Potensi Diskualifikasi

JAKARTA, MANADOPOST.JAWAPO.COM – Kuasa Hukum Pasangan Calon (Paslon) Amalia Ramadhan Landjar – Uyun Kunaifi Pangalima (AMA-UKP), Hendro Christian Silow SH MH CLA, membeber ada pelanggaran terstruktur, sistematis, dan masif (TSM) di Pilkada Boltim 2020. Hal itu diungkapkannya usai sidang pendahuluan Penanganan Perselisihan Hasil Pemilihan (PHP) Bupati Boltim 2020 yang dipimpin Hakim Konstitusi Arief Hidayat didampingi Manahan MP Sitompul dan Saldi Isra, Jumat (29/1).

Menurut Silow, dalil gugatan mereka, pertama, terkait dugaan money politics. Selanjutnya soal penggunaan surat keterangan (suket) pengganti e-KTP yang tidak sesuai ketentuan.

“Juga terkait masalah pemilih ganda. Serta ada laporan kita kepada Bawaslu Boltim tidak ditindaklanjuti,” ujarnya.

Lanjutnya, yang paling fatal soal penggunaan kabel ties 2019. “Karena pemilihan kepala daerah tapi menggunakan kabel ties Pileg 2019. Padahal pengadaannya ada dan jumlahnya sesuai kebutuhan,” jelasnya.

Dia menyakini telah terjadi pelanggaran yang bersifat TSM di Pilkada Boltim 2020.

“Jadi ini TSM. Karena dari 207 TPS, hampir semua ‘main’ begitu. Jadi harapan kita memang TSM, sehingga kemungkinan untuk PSU di seluruh TPS,” katanya.

Silow juga mengaku ada potensi paslon yang melakukan kecurangan akan didiskualifikasi.

“Kemungkinan juga ada diskualifikasi calon jika terbukti. Dan wewenang itu ada pada MK. Kami tetap optimis,” pungkasnya. (can)

Artikel Terbaru

Penyebar Foto ETLE Bisa Digugat

CS-WL Gercep Sinkronkan Program Kerja

JG Siapkan Pergeseran Anggaran