alexametrics
24.4 C
Manado
Selasa, 26 Oktober 2021
spot_img

Sosok Sri Wahyumi Manalip, Mantan Bupati Talaud yang Kembali Terjerat Kasus Korupsi

MANADOPOST.ID – Kabar mengejutkan datang dari Mantan Bupati Talaud, Sri Wahyumi Manalip.

Pasalnya mantan bupati cantik di Kabupaten Talaud, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) itu, dikabarkan kembali terjerat kasus dugaan korupsi.

Sri Wahyumi Manalip saat masih menjabat sebagai bupati Talaud

Hal itu menambah deretan kasus korupsi yang menjerat Manalip, sebab saat ini jika dihitung ia sudah dua kali terjerat kasus korupsi, yang pertama adalah kasus suap yang membuat ia ditangkap pada 2019 silam.

Berikut profil dan sepak terjang bupati cantik Manalip yang diketahui memiliki hobi ekstrim

Profil Sri Wahyumi Manalip

Diketahui Sri Wahyumi Manalip lahir pada 8 Mei 1977 di Talaud. Ia merupakan anak dari Jutrianto Manalip dan Kasih Talengkera.

Ayah Manalip diketahui merupakan petani sukses, sementara ibunya adalah bidan.

Ia diketahui lulus kuliah dengan gelar sarjana ekonomi

Memilih Berkarir di Dunia Politik

Sri Wahyumi Manalip dikenal sebagai bupati cantik asal Talaud

Sri Wahyumi Manalip memilih berkarir di dunia politik. Pada usia 36 tahun ia bertarung pada Pilkada 2013 di Kabupaten Talaud yang diusung Partai Gerindra, Partai Penegak Demokrasi Indonesia (PPDI), dan Partai Peduli Rakyat Nasional (PPRN).

Manalip pun dinyatakan menang dalam Pilkada Talaud dan dilantik sebagai bupati pada tahun 2014

Memiliki karir yang gemilang, Manalip pun banjir pinangan dari partai-partai besar, dan berpindah dari Gerinda ke PDIP sekaligus menjadi Ketua DPC PDIP Talaud.

Namun karena dihantam berbagai konflik, bupati cantik tersebut, akhirnya mundur dari PDIP

Ia kemudian memilih maju sebagai calon independen pada Pilkada 2018. Meski sebagai petahana, Manalip yang saat itu maju sebagai calon independen kalah

Dua Kali Ditangkap KPK

Sri Wahyumi Manalip saat diamankan KPK pada tahun 2019

Disisa masa jabatannya, Manalip tersandung kasus suap yang membuatnya harus mendekam dalam jeruji besi sejak tahun 2019.

Namun saat akan menghirup udara bebas, Manalip langsung diamankan KPK pada Kamis (29/4) tadi.

Penangkapan ini dibenarkan oleh Ketua KPK, Firli Bahuri. Dia mengakui, pihaknya kembali mengamankan Sri Wahyumi terkait perkara yang kini sudah pada tahap penyidikan di KPK.

“Betul, saudari Sri Wahyuni Manalip dilakukan penyidikan terkait dengan perkara korupsi lainnya. Yang bersangkutan dulu tersangkut perkara korupsi berupa suap dan sudah menjalani vonis,” kata Firli

Meski demikian, jenderal polisi bintang tiga ini belum bisa menjelaskan secara rinci soal perkara yang diduga menjerat Sri Wahyumi. Dia memastikan, pihaknya akan menyampaikan ke publik seiring dengan proses hukum yang berjalan di KPK. (Don Ray Papuling)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Artikel Terbaru