alexametrics
30.4 C
Manado
Jumat, 3 Desember 2021
spot_img

Diwarnai Ricuh, Teba Disebut Sah Pimpin PG Manado

MANADO—Dewan Pimpinan Daerah (DPD) II Partai Golkar (PG) Manado kini punya nahkoda baru. Meykel Damopolii dipilih aklamasi usai menjadi calon tunggal dengan dukungan 13 dari pemegang suara 17 suara dalam Musyawarah Daerah (Musda), Kamis lalu.

Selaku pimpinan sidang, Oktavian Walintukan mengatakan berkas calon telah diverifikasi panitia dan memenuhi syarat juklak 02/DPP/Golkar/II/2020 tentang tahapan penjaringan dan pencalonan ketua yang baru. “Oleh karena hanya satu calon yang memenuhi syarat 30 persen maka dinyatakan terpilih,” katanya.

Terkait adanya persoalan tentang keabsahan dari calon yang telah terpilih, pihaknya menjelaskan didalam juklak 02 pasal 49 poin f itu ada syarat-syarat calon ketua, yakni tentunya adalah kader Golkar, pernah menjadi pengurus Partai Golkar, tidak terlibat dalam gerakan G30S PKI, berdomisili dikabupaten/kota setempat dan berijasah S1. Dari setiap item yang tercantum dalam juklat 02 saudara Meykel Damopolii memenuhi syarat berdasarkan hasil verifikasi dari staring komite karena ini adalah bagian dari pada mekanisme dan sistem organisasi.

Pimpinan sidang menerima laporan dari staring komite untuk dilanjutkan, daftar prasyarat bakal calon telah dilaporkan oleh staring komite menyatakan saudara Meykel Damopolii memenuhi syarat dengan data yang diberikan dan informasi yang disampaikan ke pimpinan sidang.

“Maka pimpinan sidang melanjutkan dengan melihat salah satu dukungan prasyarat selanjutnya yaitu bakal calon dinyatakan sebagai calon apabila memenuhi syarat dukugan 30 persen. 30 persen ini berasal dari jumlah pemilik suara di Kota Manado ada 17, yakni DPD I, DPD II, Dewan Pertimbangan, Organisasi Sayap Ormas mendirikan dan didirikan, Ormas mendirikan dan ormas didirikan. Maka saudara Meykel Damopolii  berdasarkan juklat dan dukungan sudah mencapai 30 persen maka yang bersangkutan dinyatakan sebagai calon,” terangnya.(*)

spot_imgspot_imgspot_img

Artikel Terbaru