26.2 C
Manado
Rabu, 28 Oktober 2020

Sore Ini, Jokowi Dijadwalkan Resmikan Tol Pertama di Sulut

MANADOPOST.ID—Untuk kali pertama sepanjang sejarah, Provinsi Sulawesi Utara akhirnya memiliki jalan tol. Akses Tol Manado-Bitung kini bisa dijajal pengendara. Jika tak ada perubahan lagi, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi), dipastikan meresmikan megaproyek tersebut, Selasa (29/9) sore ini pukul 15.00 WITA via virtual dari Istana Bogor.

Kehadiran jalan tol pertama di Sulawesi Utara (Sulut) tersebut, diharapkan meningkatkan daya saing investasi. Direktur Utama PT Jasa Marga Manado-Bitung (JMB) George IMP Manurung menjelaskan, akses ini akan dioperasikan secara bertahap. Yang direncanakan dioperasikan dalam waktu dekat, adalah Ruas Manado-Danowudu sepanjang 26,35 Km. “Total panjang Jalan Tol Manado-Bitung adalah 39 Km yang dibangun dengan konsep Kerja Sama Pemerintah Badan Usaha atau KPBU,” sebut Manurung.

Dijabarkan, jalan tol ini terdiri dari dua seksi. Seksi 1 Manado-Airmadidi sepanjang (14 Km) yang dibangun pemerintah. Lalu Seksi 2 Airmadidi-Bitung (25 Km) yang dibangun PT JMB. “Dalam waktu dekat yang akan dioperasikan adalah Ruas Manado-Danowudu sepanjang 26,35 Km yang merupakan keseluruhan seksi 1 serta sebagian dari seksi 2, yaitu seksi 2A Airmadidi-Danowudu,” tambahnya.

Sementara itu, untuk Ruas Danowudu-Bitung sepanjang 12,65 Km ditargetkan selesai konstruksi pada April 2021. Menurutnya, hingga saat ini progres konstruksinya telah mencapai 77,61% dan pembebasan lahan mencapai 99,23 persen.

“Nantinya jika terhubung secara penuh, jalan tol ini akan terintegrasi serta mempermudah akses menuju Pelabuhan Internasional Bitung, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung hingga sebagai pendukung Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Manado-Bitung-Likupan. Diharapkan hal ini akan memacu daya saing investasi Provinsi Sulawesi Utara,” jelas George.

Jalan Tol Manado-Bitung akan memiliki total lima Gerbang Tol (GT), yakni GT Manado, GT Airmadidi, GT Kauditan, GT Danowudu, dan GT Bitung. Jalan tol ini juga direncanakan memiliki total dua rest area, yang terletak di STA 3+000 (arah Manado) dan STA 3+500 (arah Bitung).

“Jalan Tol Manado-Bitung akan dilengkapi dengan lima simpang susun dan dua belas jembatan. Kami juga siap mengoperasikan pelayanan lalu lintas lainnya untuk memastikan keamanan dan kenyamanan pengguna jalan seperti dua unit Patroli Jalan Raya (PJR), tiga unit Mobile Customer Service (MCS), satu unit Rescue, satu unit Ambulance serta tiga unit Derek,” tutup Manurung.

Ditambahkan Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Ivonne Kawatu, rapat peresmian Tol Manado-Bitung secara virtual dilakukan jajaran Pemprov bersama stakeholder terkait. Menurutnya dalam rapat tersebut turut membahas persiapan peresmian tol.

“Iya tadi hanya lewat virtual. Pak presiden tidak datang ke Manado,” kata Kawatu. Lanjut dia, untuk perkembangannya akan diinfokan. “Ke depan apakah pak Presiden akan datang atau tidak nanti diinfokan,” ujarnya.

Di sisi lain, Kepala Dinas PUPR Sulut Adolf Tamengkel turut membenarkan rapat virtual peresmian Tol-Manado. “Yah benar tadi dilakukan rapat peresmian jalan Tol Manado-Bitung,” singkatnya.

Sementara itu, Ekonom Sulut Dr Joy Tulung meyakini dengan diresmikan jalan tol tersebut merupakan bukti kemajuan pembangunan Sulut. Yang diyakini mampu mendorong perekonomian daerah. “Keberadaan jalan tol menjadi suatu capaian yang bisa memberikan multiplier effeck yang besar. Sehingga membuthkan dukungan dari semua masyarakat, khususnya masyarakat,” tutupnya.(cw-01/ayu/gnr)

-

Artikel Terbaru

SGR Kunjungi Pasar Tradisional dan Posko Pemenangan Likupang

Calon Bupati Minahasa Utara (Minut) Shintia G Rumumpe (SGR), Rabu (28/10) berbelanja kebutuhan rumah tangga di Pasar Tradisional Likupang.

Berbelanja di Pasar Sukur dan Kema, SGR Cek Kondisi Pedagang

Calon Bupati Minahasa Utara (Minut) Shintia G Rumumpe (SGR), Rabu (28/10) berbelanja dan menyapa pedagang di Pasar Sukur dan Kema, Rabu (28/10).

Bahaya! Sudah Enam Bulan, Bekas Longsor Belum Diperbaiki

MANADOPOST.ID—Bekas longsoran di salah satu badan jalan penghubung Kecamatan Tahuna Barat dan Kecamatan Kendahe terus membesar.

Pekan Depan, Sekolah Tatap Muka Kembali Aktif

MANADOPOST.ID--Proses belajar tatap muka di  Kota Kotamobagu mulai diperbolehkan oleh Dinas Pendidikan (Disdik) daerah setempat, sebagaimana surat edaran bernomor 400/DISDIK-KK01424/2020.

50 Desa Kembali Aktifkan Gugus Tugas

MANADOPOST.ID--- Guna memaksimalkan pencegahan penularan covid-19 di setiap desa, Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) membentuk Tim Satuan Gugus Tugas (Satgas) Covid-19 di setiap Desa.