27C
Manado
Sabtu, 27 Februari 2021

Vaksinasi Nakes Tuntas Februari

MANADOPOST.ID—Penyuntikan vaksin Covid-19 jenis Sinovac, bagi tenaga kesehatan (Nakes) di Bumi Nyiur Melambai, ditargetkan tuntas Februari mendatang. Penyuntikan vaksin sudah dilakukan bagi Nakes di Kota Manado dan Kota Tomohon.

Saat dikonfirmasi koran ini, Jumat (29/1) kemarin, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Daerah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dr Debie Kalalo mengatakan, penyuntikan vaksin Covid-19 jenis Sinovac bagi Nakes ditargetkan tuntas Februari.

“Setelah Nakes, pemberian vaksinasi menyentuh Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang menyelenggarakan pelayanan publik,” tuturnya.

Kalalo mengatakan, pendistribusian vaksin telah dilakukan kepada 15 kabupaten/kota se-Sulut. Pendistribusian melibatkan aparat TNI/Polri. Bahkan beberapa daerah juga ungkapnya, telah melakukan vaksinasi bagi Nakes.

“Untuk Kota Manado dan Kota Tomohon, vaksinasi bagi Nakes telah dilakukan. Dan ada daerah yang perhari ini (kemarin, Red) juga melakukan launching. Dan untuk Kota Manado dan Kota Tomohon, proses vaksinasi terus berjalan, yang dilakukan Dinkes masing-masing,” imbuhnya.

Sementara itu, Juru Bicara Satgas Covid-19 Provinsi Sulut Steaven Dandel saat ditemui mengatakan, target pemberian vaksin bagi Nakes akan dilakukan sampai akhir Februari.

“Hari ini (kemarin, Red) distribusi vaksin sudah sampai ke 15 kabupaten/kota. Terakhir ke Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) dan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim). Dan untuk Boltim, akan langsung dilakukan pencanangan vaksinasi Covid-19 bagi Nakes,” ungkapnya.

Dandel menjelaskan sampai Jumat (29/1) sudah ada 3.000 Nakes yang divaksin di Provinsi Sulut. 3.000 Nakes yang telah divaksin tersebut juga menurut Dandel berada di Kota Manado dan Kota Tomohon.

“Dua daerah ini kan yang mulai duluan dalam penyuntikan vaksin bagi Nakes. Namun ada beberapa daerah yang akan mulai melakukan vaksinasi pada Jumat ini. Namun ada juga daerah yang baru akan memulai vaksinasi pada 1 Februari mendatang.

Dan untuk Kota Tomohon sendiri, cakupannya sudah 60 persen Nakes yang divaksin. Dan untuk Kota Manado sudah dikisaran 39 persen Nakes yang tervaksin. Namun di Kota Manado, akan kita kejar tersebut vaksinasinya, karena akhir Februari kita targetkan bisa tuntas,” kuncinya. (ewa/gel)

Artikel Terbaru

JG Siapkan Pergeseran Anggaran

Kapolda-Danrem Kunjungi Talaud