25.2C
Manado
Selasa, 13 April 2021

BIPRA Tak Lagi Ex-Officio, Posisinya di BPMS Kans Diisi Pendeta

MANADOPOST.ID–SMSI ke-80 GMIM memutuskan Ketua BIPRA tidak lagi menjadi Ex-Officio Badan Pekerja Majelis di semua aras. 1.284 peserta dari 1.605 suara kompak menyetujui hal tersebut.

Sebelumnya sesuai Tata Gereja GMIM 2016, Ketua BIPRA otomatis duduk atau ex officio sebagai anggota Badan Pekerja Majelis di semua aras. Baik sinode, wilayah maupun jemaat. Tapi tertutup peluang menjadi wakil ketua atau sekretaris badan pekerja jemaat dan wilayah.

Nah, Tata Gereja GMIM 2021 tidak lagi ex officio. Hanya saja, kali ini Ketua BIPRA bisa dipilih dalam struktur inti Badan Pekerja di semua aras.

Di BPMJ atau BPMW misalnya. Ketua BIPRA bisa dipilih menjadi Wakil Ketua, Sekretaris atau Anggota.

Pun di BPMS, Ketua BIPRA bisa dipilih untuk jabatan Wakil Ketua atau Wakil Sekretaris. Tata Gereja lama, Ketua BIPRA tidak boleh dipilih dalam struktur Wakil Ketua maupun Wakil Sekretaris. Sebab sudah ex officio sebagai anggota.

Namun, menurut Ketua Pemuda Wilayah Lembean Kombi Pnt Vanly Regoh SPd, pemilihan BPMS GMIM Maret 2022 mendatang, mayoritas pemilih adalah Pendeta. “Besar kemungkinan akan terjadi Pendeta pilih Pendeta. Sehingga dengan hilangnya Ex-Officio BIPRA, besar peluang BPMS akan diisi para Pendeta,” sebutnya.(*)

Artikel Terbaru