28.6 C
Manado
Kamis, 13 Mei 2021
spot_img
spot_img

Tak Terima KKB Dicap Teroris, Tokoh Papua Ini Singgung ISIS, Al-Qaeda dan Kristiani

MANADOPOST.ID–Pemerintah resmi melabeli kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua sebagai teroris. Hal ini mendapat penolakan dari Tokoh Papua Natalius Pigai.

Pigai menilai, ada kelompok tertentu yang sangat ingin melabeli KKB sebagai teroris. Kelompok itu tak lain, yakni mereka yang juga mendukung ISIS dan Al-Qaeda.

“Saya mulai percaya kata Kepala BIN “mayoritas pejabat, intelektual dan mahasiswa terpapar radikal’. Semua pendukung al-Qaeda, ISIS berkumpul sikap sama ingin umat Kristiani teroris. Standar Internasional TPN OPM itu Rebel dan Combat. Jadi Ini Soal Agama,” ujar Pigai dikutip akun Twitter-nya, Kamis (29/4).

Natalius Pigai

Natalius Pigai

Ilustrasi KKB Papua (Jawa Pos)

Pigai mengatakan itu, untuk menanggapi salah satu pemberitaan yang menyebutkan bahwa Nahdatul Ulama dan Muhammadiyah sepakat menginginkan agar KKB dicap teroris.

Namun, Pigai bilang bahwa dirinya tidak bermaksud menyindir NU dan Muhammadiyah.

Baca: Resmi Dicap Teroris, Densus 88 Turun Tangan Atasi KKB di Papua

“Twitt saya di atas tidak bermaksud tujukan ke NU dan Muhamadiyah tetapi saya menganalisa ilmiah praduga tidak bersalah ada skenario kesitu,” katanya.

Sebelumnya, Kepala BIN daerah (Kabinda) Papua, Brigjen TNI I Gusti Putu Danny Karya Nugraha tewas ditembak oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Beoga, Kabupaten Puncak, Papua, Ahad (26/4) lalu. BIN langsung menyebut KKB sebagai teroris.

Namun, Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnasham) meminta BIN hati-hati melabeli KKB sebagai teroris. Sebab ditakutkan ada muncul masalah baru di dalam negeri maupun di luar negeri. (fajar)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Artikel Terbaru