alexametrics
24.4 C
Manado
Selasa, 21 September 2021
spot_img

Satu Penumpang Dikabarkan Hilang, Begini Detik-Detik Terbakarnya KM Karya Indah

MANADOPOST.ID – Insiden terbakarnya KM Karya Indah, pada Sabtu (29/5) pagi kemarin, menggemparkan masyarakat.

Pasalnya kapal penumpang yang memuat ratusan orang tersebut, terbakar di Perairan Pulau Limafatola, Kecamatan Sanana, Kabupaten Kepulauan Sula, Maluku Utara

Diketahui setelah kejadian, data penumpang yang menaiki KM Karya Indah, masih simpang siur, pasalnya dari manifes ada 181 penumpang, sementara dari data terakhir sudah ada 290 penumpang yang di evakuasi.

Meski begitu dalam insiden itu ada satu penumpang, yang dinyatakan hilang. Namun, otoritas belum dapat memastikan penumpang laki-laki bernama Dedi Hidayat tersebut hilang.

“Iya, saya belum dapat kepastian dari KUPP (Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan) Sanana. Saya sudah dapat info dari teman, saya teruskan ke Sanana. Pihak sana belum dapat laporan dari keluarga. Bisa saja ini penumpang sudah sampai darat dan dibawa keluarganya langsung,” kata Kepala KSOP Kelas II Ternate, Affan Tabona.

Detik-detik terbakarnya KM Karya Indah

Dia mengatakan pihaknya mendapat kabar seorang penumpang hilang pada petang tadi. Dia mengatakan tim SAR, syahbandar, kapal masyarakat sudah melakukan pencarian setelah KM Karya Indah terbakar. Upaya pencarian akan dilakukan besok.

“Kita menunggu laporan pengaduan dari masyarakat. Kami menunggu sampai besok,” tuturnya.

Hal senada diungkapkan petugas KUPP Sanana, I Gede Astawa. Astawa mengatakan pihaknya sudah membuka posko pelaporan bagi keluarga penumpang KM Karya Indah.

“Kami membuka posko pengaduan masyarakat. Dan belum menerima laporan bahwa ada penumpang siapa, dia dari mana berangkatnya, ada keluarganya ikut,” kata Astawa.

Astawa mengatakan pihaknya mempersilakan masyarakat melapor jika ada keluarga yang belum ditemukan. Dia mengatakan sejumlah masyarakat nelayan ikut membantu proses evakuasi penumpang saat KM Karya Indah terbakar.

Detik-detik terbakarnya KM Karya Indah

“Ada penumpang yang diselamatkan perahu nelayan dan langsung diantar ke desa-desa,” ucapnya.

Sementara viral di media sosial sebuah video yang menunjukkan detik-detik terbakarnya KM Karya Indah.

Dalam video itu terlihat sebuah kapal tengah berasap dan sejumlah orang mengenakan pelampung.

“Kapal terbakar, turun di air semua. Berenang pelan-pelan,” ujar seseorang dalam video yang menunjukkan kapal penuh kobaran api dan sejumlah penumpang berada di laut

“Kapal berasap, semuanya pakai pelampung ini,” ujar seseorang dalam video yang memperlihatkan sejumlah orang-orang tengah mengenakan pelampung.

Terekam beberapa penumpang yang sedang menyelamatkan diri dan ada juga yang masih terjebak di kapal.

Asap tebal pun terlihat membumbung tinggi di tengah lautan yang berasal dari kapal tersebut. Selain itu, terdengar juga suara penumpang yang menjerit dan menangis. (Detik/tr-01)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Artikel Terbaru