31 C
Manado
Rabu, 28 Oktober 2020

Dua Minggu Tol Manado-Bitung Gratis, Tarif Normal Rp1.100/Km

MANADOPOST.ID—Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi), akhirnya meresmikan Jalan Tol Manado-Bitung Ruas Manado-Danowudu. Untuk sementara, akses yang akan dioperasikan sepanjang 26,35 kilometer (km), dari total panjang 40 km.

Terpantau, Presiden Jokowi dari Istana Negara Bogor didampingi Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, duduk di depan layar virtual yang menampilkan Tol Manado-Bitung. Sementara Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dan Pjs Gubernur Sulut Agus Fatoni, hadir langsung di akses masuk gerbang Tol (GT) Manado.

“Sekarang sudah bisa dimanfaatkan untuk menunjang kegiatan usaha dan memudahkan transportasi masyarakat. Nanti jika seluruh ruas ini sudah selesai, panjangnya mencapai 40 Km. Gerbang tolnya (GT Manado) hanya 9 Km atau sekitar 12 menit dari Bandara Sam Ratulangi. Jadi, sangat dekat,” kata Presiden Jokowi, sembari menyampaikan rasa syukurnya karena Tol Manado-Bitung Ruas Manado-Danowudu telah rampung.

Terpantau juga, hadir dalam peresmian Kapolda Sulut Irjen Pol Panca Putra, Kajati Sulut Andi Arief SH MH, Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Santos Matondang, Danlantamal VIII Brigjen TNI (Mar) Donar Rompas, dan undangan lainnya.

Kembali ke penjelasan Jokowi. Katanya Sulut merupakan daerah yang memiliki banyak potensi ekonomi. Baik industri, pertanian, perkebunan, perikanan dan juga pariwisata. “Pengembangan potensi tersebut membutuhkan dukungan infrastruktur, termasuk Jalan Tol Manado-Bitung. Tol ini pun dibangun terintegrasi dengan kawasan industri dan juga pariwisata yang ada di Sulut. Sudah pasti akan mempercepat dan menekan biaya logistik yang ada,” katanya, sembari mengharapkan, pariwisata di Sulut bisa berkembang lebih baik dengan tersambungnya ruas jalan tersebut. “Nantinya adalah tugas Gubernur untuk memajukan perekonomian Sulut dengan berbagai macam potensi yang dimiliki.”

“Ada industri perikanan, terutama di Bitung. Ada sektor pertanian, perkebunan, dan juga banyak destinasi pariswisata. Perkembangan sektor-sektor tersebut memerlukan banyak dukungan infrastruktur, termasuk di dalamnya adalah jalan tol. Jalan Tol Manado-Bitung ini juga dirancang terintegrasi dengan kawasan industri, terintegrasi dengan kawasan pariwisata di Sulawesi Utara sehingga akan mempercepat akses, lebih mudah dijangkau, lebih cepat dikenal, dan lebih mudah dikembangkan,” papar Jokowi.

Pada kesempatan yang sama, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, masyarakat bisa memanfaatkan keberadaan jalan tol ini secara cuma-cuma (gratis) dalam waktu dua minggu. “Mulai besok (hari ini) ada tapping pertama oleh Pjs gubernur bersama kapolda. Dengan nol rupiah, sampai dengan sekira dua Minggu paling cepat,” ungkapnya. Meski begitu, ia mengingatkan masyarakat untuk tidak melupakan unsur keselamatan.

“Karena biasanya setelah jalan tol diresmikan ada euforia. Ini yang bahaya. Sosialisasi dua minggu ini sekaligus untuk menyiapkan perilaku berkendara masyarakat. Karena jalan yang bagus dan lurus, kecepatan tidak terasa 160 sampai 180 km/jam. Apalagi pakai mobil kecil. Kebanyakan di tol itu nabraknya dari belakang. Karena tidak terasa ngegas, sementara didepanya lambat, (maka) ditabrak,” warning Basuki.

Terkait tarif tol sekira Rp1.100/km. “Saya kira cukup murah,” katanya sembari berharap dapat dimanfaatkan dengan baik. “Kalau saya lihat di Danowudu, itukan sudah langsung terhubung dengan KEK. Nanti KEK harus diisi oleh pak gubernur harus mengupayakan investasi masuk,” ungkapnya.

“Sekarang tugas kami juga, setelah tahun ini, menghubungkan ke kawasan-kawasan. Apakah kawasan industri atau pariwisata. Kita akan bikin juga akses ke Likupang. Jadi kita menghubungkan, tapi yang mengisi harus pemda,” tambahnya.

Ditergetkan, Juni 2021 tol ini akan dirampungkan. Diketahui masih ada sekira 2 persen lahan yang belum selesai. “Saya kira saya kira Juni 2021, sudah bisa selesai,” harap Menteri Basuki.

Di sisi lain, disebutkan Basuki, saat ini di Sulut telah dilakukan pembangunan berbagai macam infrastrukutur untuk mendukung pariwisata. Lanjutnya, Manado-Likupang menjadi salah satu kawasan strategi pariwsata nasional. Mulai dari, jalan akses Manado-Likupang, penataan kawasan Likupang, penataan kawasan Bunaken, penataan kawasan pantai Malalayang, pembangunan 463 home stay, jembatan marinsow, penambahan kapasitas air minum di Malalayang, pembangunan TPA dan pembangunan lainnya.

Dia menjelaskan Jalan Tol Manado-Bitung dengan panjang 40 km merupakan yang terpanjang di Pulau sulawesi saat ini. Setelah 2008, sebelummya ruas tol di kawasan industri Makassar dioperasikan dengan panjang 11,5 km.

“Nilai investasi 5,12 triliun. Konstruksi pada ruas jalan Manado-Airmadidi sepanjang 15 KM didanai oleh APBN Kementerian PUPR. Sedangkan Airmandidi-Bitung sepanjang 25 km dilaksanakan PT Jasa Marga. Sehingga tol Manado-Bitung ini dilakukan dengan skema kerja sama antara pemerintah dan badan usaha,” jelasnya. “Terima kasih pada seluruh kementrian lembaga, pemerintah daerah, kontraktor, masyarakat dan semua pihak yang telah mendukung pembangunan ini,” tutupnya.

Pjs Gubernur Sulut Agus Fatoni, juga optimis dengan diresmikannya Tol Manado-Bitung, berdampak pada pertumbuhan ekonomi. “Juga memudahkan pada masyarakat untuk mengurangi jarak tempuh. Dan tentu akan berdampak pada kesejahteraan masyarakat,” sebutnya semabri bersyukur Bumi Nyiur Melambai sedah mempunyai jalan tol.

“Sehingga perekonomian bisa bergerak. Kemudian masyarakat dengan mudah mengakses dan dapat menunjang kegiatan ekonomi,” katanya. Untuk lahan yang masih belum bebas, tegas Fatoni, akan segera dituntaskan. “Tentu kewajiban pemerintah provinsi ikut membantu menyelesaikan yang masih belum tuntas. Bersama-sama dengan pihak aparat keamanan dan pihak lain yang terkait,” tandas Fatoni.(cw-02/ayu/gnr)

-

Artikel Terbaru

Kader Senior Beringin Dukung FDW-PYR

MANADOPOST.ID—Kader senior Partai Golkar (PG) Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) Nogi Purukan menyatakan dukungannya kepada pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati

Milenial BMR Siap Menangkan Olly-Steven

MANADOPOST.ID—Arus dukungan terhadap Paslon Petahana Sulut, Olly Dondokambey dan Steven Kandouw (OD-SK) di Pilkada Sulut 2020, terus bergelombang.

Paruntu-Panambunan Siap Menangkan Olly-Steven dan AA-RS

MANADOPOST.ID—Arus dukungan terus berdatangan kepada pasangan Olly Dondokambey dan Steven Kandouw. Kini kembali terbentuk satu lagi dukungan datang dari kaum milenial, yakni Jaringan Anak Milenial (JAM) Sulut Hebat.

HR Hadiri Konsolidasi Internal Partai Nasdem Bitung

Calon Wakil Gubernur Sulut Dr Hendry CM Runtuwene STh MSi, Selasa (27/10) menghadiri Konsolidasi Internal Partai Nasdem Kota Bitung bertempat di Kelurahan Sagrat, Kecamatan Matuari.

Warga Minut Kepulauan Antusias Sambut VAP

Calon gubernur dan wakil gubernur Sulut, Dr (HC) Vonnie A Panambunan STh (VAP) dan Dr Hendry Runtuwene STh (HR), terus mendapat dukungan.