32C
Manado
Kamis, 21 Januari 2021

61 Anak di Passi Barat Ikuti Khitan Massal

BOLMONG- Sebanyak 61 anak di Kecamatan Passi Barat mengikuti khitanan massal yang dilaksanakan di UPTD Puskesmas Passi, Rabu (2/12) kemarin.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bolmong dr Erman Paputungan melalui Kabid Pelayanan Kesehatan Wiyono menyampaikan, dalam pelaksanaan khitanan massal itu pihaknya bekerjasama dengan RSUD Datoe Binangkang, UPTD Puskesmas, dan pemerintah setempat.

Tak tanggung-tanggung, Dinkes Bolmong menargetkan 450 orang akan dikhitan lewat program tersebut. “Kita targetkan 450 orang, dan sekarang baru 120-an yang dikhitan,” ujarnya saat dikonfirmasi Rabu kemarin.

Selain diberi obat-obatan, peserta khitanan massal juga diberi sarung dan kopiah, serta diwajibkan kontrol di Puskesmas setempat.

Khitanan massal gratis tersebut akan digelar di 5 wilayah, yakni desa Langagon, Passi II, Mopuya Selatan, dan Matali Baru. “Yang sudah 2 tempat, yakni Langagon dan Passi, sisanya pekan ini,” terangnya.

Lanjut dia, apabila target tak terpenuhi di 5 tempat tersebut maka pihaknya juga membuka ruang untuk wilayah lain mengajukan usulan. “Kita melayani wilayah yang mengusulkan, pengusulannya dari Kecamatan dan Puskesmas,” ujarnya.

Terpisah, Camat Passi Barat Ma’rief Mokodompit mengatakan, pihaknya telah menyampaikan kepada masyarakat di wilayahnya agar segera mendaftarkan anak-anak mereka dalam program khitan massal itu. “Dengan catatan, wajib menerapkan protokol kesehatan 3M, mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak,” singkatnya. (ctr-04)

Artikel Terbaru