25 C
Manado
Kamis, 6 Agustus 2020

Curah Hujan Tinggi, Bendungan Meluap, Puluhan Rumah Terendam

MANADOPOST.ID— Puluhan Rumah di wilayah Dumoga Bersatu terendam banjir. Hal itu diakibatkan tingginya curah hujan yang terjadi di wilayah Bolaang Mongondow (Bolmong) pada Jumat (3/7) kemarin.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bolmong Haris Dilapanga melalui Kabid Penanganan Darurat Rafik Alamri menerangkan, hal itu disebabkan oleh hujan intensitas tinggi yang terjadi di Wilayah Bolaang Mongondow sejak dini hari hingga sore ini menyebabkan sejumlah Desa di Wilayah Dumoga Bersatu terendam. “Sebelumnya BMKG Sudah memberikan Peringatan Dini Cuaca Ekstrim di Wilayah Bolaang Mongondow,” ujarnya.

Alamri yang memimpin langsung Tim Respon Cepat (TRC) BPBD Bolmong melakulan asessment mengatakan, luapan Sungai Ongkag Dumoga menjadi pemicu utama sehingga puluhan rumah warga tergenang. “Ketinggian air bervariasi antara 30 – 100 cm,” imbuhnya.

Lanjut dia, intensitas curah hujan yang tinggi juga menyebabkan 2 Bendungan di Wilayah Dumoga Barat yaitu Bendung Toraut dan Kosinggolan meluap dan menggenangi pemukiman warga.

Sementara itu berdasarkan pantauan, Jalan Penghubung Desa Doloduo II dan Desa Toraut pun amblas akibat tergerus luapan sungai.

“Namun, kondisi jalan masih bisa dilewati,” ujarnya. Meski kondisi terkini hujan sudah reda dan air mulai surut, namun pihaknya masih terus melakukan pendataan dampak cakupan wilayah. “Saat ini juga masyarakat Desa Doloduo III telah mendirikan pos Siaga antisipasi kemungkinan sungai kembali meluap,” pungkasnya.

Diketahui, sesuai hasil asessment TRC BPBD Bolmong, wilayah yang terdampak luapan sungai tersebut meliputi 7 desa di wilayah Dumoga, yakni Doloduo II, Doloduo III, Toraut, Wangga Baru, Kosio, Dondomon Selatan, dan Desa Dondomon. (ctr-04/ayu)

-

Artikel Terbaru

Cek Data Pemilih, Kowaas: Nomor Bebas Pulsa

Pendataan pemilih menjadi hal krusial demi suksesnya Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2020.

Jika Ada Kecurangan Pilkada, Soputan: Lapor di Aplikasi Gowaslu

Peran teknologi informasi turut mendukung pelaksanaan penyelenggaraan Pilkada.

OD Minta Kepala Daerah Sosialisasikan Gerakan Kibar Serentak Merah Putih

Gerakan Kibar Serentak Merah Putih oleh Gubernur Sulut Olly Dondokambey (OD) yang dimulai sejak 1-31 Agustus untuk memperingati Hari Kemerdekaan RI ke-75 masih belum tersosialisasi dengan baik.

Airmadidi Banjir Bantuan SGR-PDM

Kepedulian Shintia Gelly Rumumpe (SGR) dan Petrus Defni Macarau (PDM) untuk warga Minahasa Utara (Minut) tak hanya isapan jempol semata. Mengawali bulan kemerdekaan, SGR dan PDM terus turun langsung membagikan bantuan untuk warga yang membutuhkan.

MEP Nahkodai Golkar Minsel

Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Minsel resmi memiliki nahkoda baru. Seperti diketahui dalam Musyawarah Daerah (Musda) Golkar ke-IV, yang digelar pada Senin (3/8) kemarin, bertempat di Hotel Sutanraja Amurang, dr Michaela Elsiana Paruntu MARS atau yang akrab disapa MEP, resmi menahkodai Golkar Minsel.