32 C
Manado
Sabtu, 31 Oktober 2020

WCD `Angkut` 1,3 Ton Sampah

MANADOPOST.ID– World Cleanup Day (WCD) sukses digelar untuk kedua kalinya di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong). Dalam pelaksanaannya pada Sabtu (19/9), aksi tersebut berhasil membersihkan lebih dari 1,3 ton sampah.

Hal itu sebagaimana dikatakan oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Bolmong Abdul Latif melalui Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran Kerusakan Lingkungan Hidup, Pengelolaan Sampah dan Bahan Berbahaya Beracun, Deasy Makalalag.

“Dari aksi tersebut kita berhasil membersihkan 1,3 ton sampah, di mana sampah residu sebanyak 700 kg, dan sampah plastik sebanyak 620 kg,” bebernya.

Aksi bersih-bersih tersebut dilaksanakan di 6 titik di Bolmong dan melibatkan 167 orang relawan dari berbagai komunitas, organisasi, maupun instansi yang turut berpartisipasi.

“Yakni, di pinggiran sungai di desa Bantik, pantai lolan, pantai Bolaang 1 dan pinggiran jalan trans desa Bolaang, jembatan Kaiya, pantai Bungin, dan pantai Molosing. Yang di Kecamatan Bolaang ada dua tempat tapi dihitung satu titik karena sesuai dengan relawan yang daftar online,” terangnya.

Dia menjelaskan, pelaksanaan WCD tahun ini cukup berbeda dari tahun sebelumnya, karena tahun ini harus menerapkan protokol kesehatan dan juga jumlah relawannya harus dibatasi.

Pelaksanaan WCD, lanjut dia, tertuang dalam Perbup  Nomor 31 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga lewat Target Pengurangan Sampah melalui kegiatan Pembatasan Timbulan Sampah.

Di sisi lain, dia mengatakan, para relawan mendaftarkan dirinya untuk mengikuti aksi tersebut. “Iya, mereka (relawan, red) mendaftar online. Sementara, perangkat-perangkat (desa dan Kecamatan, red), kita yang menyurat tindak lanjut dari surat Menteri LHK untuk memberi dukungan dan memfasilitasi kegiatan WCD ini,” pungkasnya.

Diketahui, para relawan dalam aksi tersebut di antaranya berasal dari Himpunan Pemuda Pemudi Peduli Desa HP3D, Kawan Perubahan dari Kecamatan Bolaang Timur, Camat Bolaang, Lurah Inobonto, Sangadi Motabang dan perangkat-perangkat Desa di Kecamatan Lolak, Kecamatan Bolaang dan Kecamatan Bolaang Timur. (***)

-

Artikel Terbaru

Bendungan Kuwil Capai 75 Persen, Selesai Pertengahan 2021

MANADOPOST.ID—Salah satu bendungan yang bakal memberikan efek positif masyarakat Sulut khususnya Kota Manado selesai tahun depan.  Hal itu disampaikan Gubernur berstatus cuti Olly Dondokambey, kepada para pakar intelektual Sulut di Hotel Grand Puri Manado.

Wabup Sangihe: Olly-Steven Lanjutkan Periode Kedua

MANADOPOST.ID—Wakil Bupati Kepulauan Sangihe Helmud Hontong menyampaikan dukungan terbuka kepada pasangan Olly Dondokambey-Steven Kandouw pada Pilkada 9 Desember 2020.

Kawanua Prediksi Donald Trump Menang Lagi

MANADOPOST.ID—Pemilihan Presiden Amerika Serikat (AS), ikut mendapat perhatian warga Sulawesi Utara (Sulut), yang saat ini bermukim di negeri Paman Sam.

KPK Bisa Ambil Alih Kasus

MANADOPOST.ID—Kasus-kasus yang mandek di lingkungan Polri dan Kejaksaan bisa diambil alih oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Republik Indonesia.

Joshua/Vincen Diunggulkan Sabet Juara

MANADOPOST.ID—Siapa berhak menyegel titel juara badminton Manado Post Open 2020? Malam ini, segera terjawab di GOR Betania, Teling Manado. Delapan pasangan kategori A dan B (lihat grafis), bakal bertanding habis-habisan merebut tiket final guna ke podium juara.