32C
Manado
Kamis, 21 Januari 2021

DP3A Terima 150 Kasus Kekerasan Perempuan dan Anak

MANADOPOST.ID–Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak (DP3A) Bolmong Farida Mooduto mengatakan, pada selang waktu Januari hingga Oktober 2020 kasus terhadap perempuan dan anak mencapai angka 150 kasus. “Kita lihat jumlah kasus tahun ini justru meningkat,” ujarnya.

Dari 150 kasus yang terjadi, tambahnya, kasus kekerasan seksual adalah yang paling banyak terjadi. “Iya, kekerasan seksual sampai saat ini sudah 80 kasus,” imbuhnya.

Sementara, selain kekerasan seksual masih ada beberapa kasus lainnya, di mana kekerasan fisik sebanyak 36 kasus dan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) 21 kasus. “Serta, ada juga kasus anak sebagai pelaku sebanyak 13 kasus dan lainnya sebanyak 5 kasus,” terangnya.

Lanjut dia, ada beberapa faktor yang turut mendukung terjadinya kasus-kasus di atas, khususnya kepada anak. “Karena ada kesempatan, dan bisa juga karena kurangnya pengawasan,” ujarnya.

Akhir-akhir ini, tambahnya, kasus yang mencuat di Bolmong adalah kasus yang dilakukan oleh orang dalam lingkungan keluarga, tak terkecuali orang tua baik kandung maupun tiri.

“Kalau kasus orang tua kandung sampai saat ini ada 3 kasus, kemudian yang orang tua tiri itu yang banyak. Selanjutnya, ada juga yang dilakukan oleh paman,” bebernya.

Untuk itu, upaya yang dilakukan pihaknya adalah dengan terus melakukan pendampingan terhadap kasus-kasus yang terjadi. “Selain itu, kita juga terus memberi memberi sosialisasi kepada masyarakat,” pungkasnya. (ctr-04/ayu)

Artikel Terbaru