28.6 C
Manado
Kamis, 13 Mei 2021
spot_img
spot_img

Aplikasi Pemkab Bolmong Bakal Diuji BSSN

MANADOPOST.ID–Badan Siber Sandi Negara (BSSN) rencananya akan melakukan ITSA (IT Security Asessment) pada 3 aplikasi berbasis web yang ada di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong).

Hal itu sebagaimana dikatakan Kabid Persandian Diskominfo Bolmong Sutoyo Paputungan. “Tadi sudah dilakukan kick off meeting ITSA antara BSSN dengan Diskominfo Bolmong,” ujarnya.

Lanjut dia, pada dasarnya aplikasi yang digunakan oleh Pemkab bolmong sudah melalui pengujian internal oleh tenaga ahli melalui bidang Penyelenggaraan e-government.

“Kegiatan ini rutin dilakukan BSSN di daerah-daerah yang sudah menerapkan teknologi informasi, dan ini perlu dilakukan untuk menilai seberapa besar keamanan yang ada pada sistem aplikasi kami,” ujarnya.

Untuk pengujian itu sendiri, rencananya bakal digelar 26 Maret hingga 1 April 2021, di mana BSSN akan melakukan pengujian 8 jam setiap harinya. “Mereka akan mengasesmen mana saja yang bisa dimasuki peretas untuk merubah atau mencuri data,” imbuhnya.

3 aplikasi yang bakal diuji salah satunya adalah e-dokumen, dimana aplikasi tersebut adalah penunjang surat menyurat di lingkungan Kabupaten Bolmong.

Sementara, BSSN pun akan melakukan pengujian di tempat pada 29 Maret nanti. “Pengujian di tempat akan dilaksanakan 29 Maret hingga 1 April,” pungkasnya. (ctr-04/ayu)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Artikel Terbaru