31 C
Manado
Selasa, 14 Juli 2020

KIA Jadi Syarat Daftar Siswa Baru

MANADOPOST.ID-Calon siswa yang akan mendaftar pada tahun ajaran baru ini masih diperbolehkan mendaftar meski belum memiliki Kartu Identitas Anak (KIA). Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmong Renti Mokoginta, kemarin.

“Iya, masih ada kebijakan bisa mendaftar sekolah meski belum memiliki KIA,” ungkapnya. Menurut Renti, kejelasan identitas anak calon siswa memang menjadi salah satu persyaratan wajib untuk mendaftar sekolah.

“Karena identitas siswa kan harus diinput di Data Pokok Pendidikan (Dapodik). Kalau tidak ada nomor identitas yang tertera di KIA atau akta lahir, tidak bisa diinput,” katanya.

Terpisah, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Pemkab Bolmong Iswan Gonibala mengatakan, hingga saat ini pendaftaran KIA masih terus dilayani.

“Setiap hari kerja, kami terus mencetak KIA. Tetapi memang karena adanya pandemi Covid-19, tentunya ada keterbatasan dalam melayani calon pendaftar karena ada aturan pembatasan orang berkumpul,” tutur Iswan.

Iswan pun menjelaskan, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan Dinas Pendidikan terkait pendaftaran siswa baru yang belum memiliki KIA. “Kami terus berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan terkait hal ini, sehingga diambil kebijakan tahun ini belum diwajibkan calon siswa baru harus memiliki KIA,” jelasnya.

Iswan pun optimis dapat memenuhi kebutuhan KIA untuk seluruh anak di Bolmong. “Insya Allah, kami tetap akan berupaya semaksimal mungkin agar seluruh anak di Kabupaten Bolmong bisa memiliki KIA,” pungkasnya. (ctr-04/ite)

-

Artikel Terbaru

Terkait Penyaluran Bansos, Kumtua Tantang Warga Lapor Polisi

MANADOPOST.ID--Gencarnya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa dalam mensosialisasikan penyaluran bantuan sosial dimasa pandemi Covid-19, baik Bantuan Lansung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa (DD) maupun Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementerian Sosial ke Masyarakat ternyata berbanding terbalik yang dilakukan Pemerintah Desa Koha Timur Kecamatan Mandolang yang dilaporkan wargannya akibat dugaan ketidak terbukaan dalam penyaluran bantuan tersebut.

Satu Pasien Positif Covid-19 Tempati Rumah Singgah Tounsaru

MANADOPOST.ID--Setelah disiapkan beberapa waktu lalu, rumah singgah yang disiapkan khusus tempat isolasi pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kelurahan Tounsaru, Kecamatan Tondano Selatan, kini sudah ditempati.

ROR: Setengah Warga Minahasa Sudah Tersentuh BST dan BLT

MANADOPOST.ID--Bupati Minahasa Dr Royke Octavian Roring MSi (ROR) menyebut bantuan sosial yang yelah disalurkan pemerintah terhitung sudah setengah mencakup jumlah penduduk Kabupaten Minahasa.

Penutupan Kelurahan yang Belum Terpapar Covid-19 Ditunda

MANADOPOST.ID—Kabar penutupan sejumlah kelurahan yang belum terpapar Covid-19, mulai 16 hingga 19 Juli mendatang, ditunda pelaksanaannya. Itu diungkapkan Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pemerintah Kota Tomohon Yelly Potuh SS, dalam keterangan persnya, Senin (13/7) kemarin.

Polisi Amankan 350 Liter Captikus di Pelabuhan

MANADOPOST.ID--Sebanyak 350 Liter minuman keras (miras) ilegal jenis captikus yang di selundupkan di pelabuhan Melonguane menggunakan kapal KM Barcelona 2, berhasil di gagalkan Polres Talaud melalui Polsek Melonguane.