29C
Manado
Kamis, 21 Januari 2021

DBD Mengintai di Musim Penghujan, Ini Cara Mencegahnya

BOLMUT- Memasuki musim penghujan, penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) yang disebabkan nyamuk Aedes Aegypti, mengintai.

Karena itu, tim Promosi Kesehatan (Promkes) Puskesmas Bolangitang melakukan publikasi kesehatan tentang bagaimana mencegah DBD, yakni dengan 3 M Plus, di seluruh desa wilayah kerjanya, Rabu (2/12).

Salah satu Petugas Promkes Puskesmas Bolangitang Aswar Kiyai Demak SKM mengatakan, publikasi ini merupakan langkah awal untuk mencegah terjadinya penularan DBD khususnya di wilayah Kecamatan Bolangitang Barat. “Mengingat saat ini sudah mulai masuk musim penghujan yang merupakan langganan umum terjadinya berbagai penyakit, termasuk DBD,” ungkapnya.

Ia menambahakan, upaya ini dilakukan sebagai bentuk ajakan dan juga imbauan kepada masyarakat agar tetap waspada terhadap penyebaran DBD. “Dengan melakukan gerakan 3 M yakni menguras dan menyikat, menutup tempat penampungan air, dan memanfaatkan/mendaur ulang barang bekas,” sarannya.

Kepala Puskesmas Bolangitang Latifah Rochania Talibo berharap agar masyarakat dan lintas sektor di wilayah kerja dapat bekerja sama dalam melaksankan program-program kesehatan. “Dengan disiplin menerapkan gerakan 3 M ini, maka kita bisa mencegah penyakit DBD,” singkatnya.(*)

Artikel Terbaru