28C
Manado
Selasa, 19 Januari 2021

Hewan Ternak Dilarang Berkeliaran di Tempat Publik

MANADOPOST.ID– Pemkab Bolmut melalui Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dalam waktu dekat akan melaksanakan patroli penertiban hewan ternak yang dibiarkan berkeliaran dilokasi publik.

Hal ini ditegaskan, Kasat Pol PP Farham Patadjenu. Dia menyebutkan, pihaknya akan berkoordinasi dengan para Camat, Kepala Desa selaku pemerintah setempat agar sasaran operasi teknisnya ini tepat sasaran.

“Penertiban juga akan melibatkan aparat Kepolisian, dan TNI,” sebutnya.

Dia membeber, yang menjadi titik prioritas operasi penertiban ternak kali ini adalah wilayah Kecamatan Bolangitang Barat dan Kecamatan Kaidipang. Sebab adanya keterbatasan personil dari kami Pol PP.

“Intinya pada penertiban berlangsung kami akan mengedepankan sikap persuasif (cara halus),” janjinya.

Sebagai bahan informasi, pada tanggal 24 Juli 2020 lalu, Pemkab Bolmut telah mengeluarkan himbauan kepada para Camat se-Kabupaten Bolmut. Sebagai upaya meningkatkan ketertiban umum dan ketentraman mayarakat utama terkait dengan gangguan ternak peliharaan pada kenyamanan masyarakat. Maka beberapa hal yang perlu disampaikan.

Adapun poin-poinnya, anatara lain, menghimbau untuk tidak melepas ternak peliharaan (sapi, kambing, babi, serta ternak lainnya) berkeliaran secara bebas. Tidak melepas atau mengikat ternak pada lahan yang merupakan fasilitaa umum, seperti lapangan olahraga, halaman kantor, halaman Masjid, Gereja dan lain-lain.

Mendorong terbentuknya Peraturan Desa (Perdes) yang mengatur tentang hewan peliharaan, dan Satuan Polisi Pamong Praja berkerja sama TNI-Polri akan melakukan pemantauan himbauan ini. (ctr-06/ayu)

Artikel Terbaru