27C
Manado
Rabu, 14 April 2021

71 Sangadi Segera `Geser` Jabatan

MANADOPOST.ID– Tahun ini, sebanyak 71 desa akan menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) baru. Artinya 71 Sangadi (Kepala Desa,red) yang lama akan segera ‘geser’ jabatannya.

Hal ini dibenarkan Kepala Dinas PMD melalui Kepala Bidang Pemerintahan Desa (Pemdes) Yahya Botutihe. Dia menyebutkan 71 desa itu tersebar di enam Kecamatan.

“Untuk kepastian bulan apa akan dilaksanakan Pilkades, kami masih menunggu Peraturan Daerah (Perda) dan Peraturan Bupati (Perbub),” ungkapnya.

Dia menuturkan, Perda dan Perbub tersebut nantinya akan mengatur syarat-sayarat para calon Sangadi. “Yang pasti mereka para calon Kades minimal harus lulusan SMP,” tegasnya.

Di sisi lain, berdasarkan data PMD, ada beberapa kecamatan di Bolmut yang banyak menggelar Pilkades 2021. Antara lain Kecamatan Bolbar sebanyak 15 desa. Kecamatan Boltim 13 desa, disusul Kecamatan Bintauna 12 desa dan Pinogaluman 11 desa.

“Sedangkan Kecamatan Kaidipang dan Kecamatan Sangkub masing-masing berjumlah 10 Desa,” bebernya.

Dia pun berharap Pilkades tahun ini akan berjalan dengan lancar, dan melahirkan para Sangadi yang berkompoten dan memiliki visi dan misi memajukan desa. (ctr-06/ayu)

Artikel Terbaru