28.4 C
Manado
Jumat, 30 Juli 2021

Pontoh Apresiasi Kegiatan Lapak Hukum Plus

MANADOPOST.ID–Bupati Bolmut Depri Pontoh mengapresiasi kegiatan Lapak Hukum Plus yang diprakarsai oleh Kejaksaan Negeri Bolmut, akhir pekan lalu.

Dalam Sambutannya, Pontoh menyapaikan bahwa selaku pemerintah daerah, dirinya berterima kasihkepada jajaran kejaksaan negeri atas kegiatan tersebut.

Menurutnya Lapak Hukum Plus merupakan langkah yang sangat penting dan strategis dalam upaya kita menegakkan supremasi hukum dalam melaksanakan kebijakan pemerintah, serta memperbaiki kinerja perangkat desa menuju tata pemerintahan yang bersih dan berwibawa.

Dia menuturkan, dalam mencegah terjadinya permasalahan dan penyimpangan pengelolaan keuangan desa, hal yang paling mendasar saat ini adalah masalah ketidakpahaman dan kurangnya ketelitian penyelenggara pemerintahan dalam pengelolaan keuangan desa serta perlindungan hukum seringkali justru menjebak aparatur pemerintah tersebut dalam berbagai delik jeratan hukum.

“Oleh karena itu, dengan adanya kegiatan inj, kepala desa beserta perangkatnya dapat memahami pedoman pelaksanaan, petunjuk teknis, peraturan menteri, peraturan pemerintah dan undang undang sehingga penyimpangan dan kesalahan dalam penggunaan anggaran tidak akan terjadi,” tekannya.

Dia berharap, melalui momentum ini, seluruh jajaran aparatur pemerintah daerah mampu memahami peran dan fungsinya secara utuh dengan menjadi aparatur yang taat dan sadar hukum.

“Manfaatkan ketersediaan akses informasi yang ada untuk membangun unit kerjanya secara nyata dan tidak terjebak provakasi yang dapat merugikan diri sendiri dan bahkan merugikan negara. Tidak ada yang perlu ditakuti jika kita memahami dan menaati secara sadar hukum yang berlaku di negara kesatuan republik indonesia,” ajaknya.
Dirinya berpesan untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan dalan pelaksanaan beberapa kegiatan. Hal ini di ingatkan karena menyusul telah terjadi lonjakan kasus positif covid 19 nasional yang sangat memperhatinkan.
“Untuk itu, saya meminta kedisiplinan kita semua untuk memakai masker dengan benar, mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak,” kuncinya.

(yogi/ayu)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Artikel Terbaru