28 C
Manado
Minggu, 16 Mei 2021
spot_img

Waspada `Serangan` DBD

MANADOPOST.ID– Selang Januari hingga April ini Kabupaten Bolmut sering diguyur hujan. Dengan intensitas ringan hingga lebat.

Kepala Dinas Kesehatan Bolmut Jusnan C. Mokoginta melalui Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular (P2PM) Febrianto Lumoto menyebutkan, perubahan iklim yang kadang cerah dan kadang hujan bisa membuat jentik nyamuk Aedes aegypti untuk berkembang yang sewaktu-waktu bisa berdampak pada masyarakat.

Untuk mencegah hal itu, Febrianto Lumoto mengingatkan masyarakat agar bisa lebih memperhatikan kondisi kebersihan dan kesehatan di sekitar rumah. Terutama tempat-tempat yang menjadi sarang berkembangnya nyamuk Aigis Aigipti.

“Saya harap dikondisi cuaca saat ini, masyarakat bisa lebih waspadah terutama dalam menjaga kebersihan dan kesehatan disekitarnya. Misalnya memperhatikan tempat-tempat yang menjadi pembuangan sampah serta genangan air atau kubangan yang tentunya bisa menjadi tempat berkembangnya jentik nyamuk,” sarannya.

Dia pun mengimbau agar warga bisa menjaga lingkungan dan harus memperhatikan 3 M.

Diantaranya menutup dan membersihkan tempat-tempat penampungan air, Tidak menampung dan membuang sampah Rumah Tangga (RT) disekitar rumah, serta memperhatikan dan membersihkan saluran pembuangan air

“Jadi dalam rangka mencegah penularan DBD, sejumlah desa di Kecamatan Pinogaluman dan Bolangitang Barat di lakukan Foging. Sebab berdasarkan data dari tim surveilens, ditemukan 6 kasus positif DBD,” tutupnya. (ctr-06/ayu)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Artikel Terbaru