26C
Manado
Senin, 1 Maret 2021

Kementrian PUPR Seriusi Persoalan Abrasi Pantai

MANADOPOST.ID– Persoalan abrasi pantai di perbatasan Kecamatan Pinogaluman, Kabupaten Bolmut, menjadi perhatian Badan Nasional Pengelolaan Perbatasan (BNPP) dan Kementrian PUPR.

Hal ini dikatakan Sekkab Bolmut Asripan Nani saat menghadiri undangan dari Badan Nasional Pengelola Perbatasan Republik Indonesia, di Jakarta, Selasa (16/2).

“Pada kesempatan itu, saya mempresentasikan soal kondisi alam Bolmut, dan upaya percepatan penanganan abrasi pantai di perbatasan Kecamatan Pinogaluman. Dan itu menjadi konsen BNPP serta Kementrian PUPR,” sebutnya.

Dia memaparkan, saat ini, kondisi perbatasan di wilayah Bolmut sudah mengkhawatirkan akibat terjadinya abrasi pantai yang ada di beberapa desa. Mulai dari Desa Buko, Buko Utara, dan Tombulang Pantai.

” Sehingga, saya mendesak Kementrian untuk segera membangub tanggul untuk penahan ombak. Karena sangat mengkhawatirkan untuk penduduk setempat,” tekannya.

Tidak hanya abrasi, persoalan aliran sungai (DAS) sungai andagile di perbatasan Gorontalo Utara dan Bolmut. Kemudian, kondisi kesehatan pendidikan dan pasar rakyat di Kecamatan Pinogaluman juga tak luput dari pemaparannya.

“Hal ini dilakukan agar Pemerintah Bolmut mendapat perhatian dari Kementerian terkait,” katanya.

Sementara itu, Deputi BNPP dan Kementerian terkait dalam waktu dekat akan mengunjungi Bolmut sebagai respon terhadap kondisi darurat bencana itu. (ctr-04/ayu)

Artikel Terbaru

Penyebar Foto ETLE Bisa Digugat

CS-WL Gercep Sinkronkan Program Kerja

JG Siapkan Pergeseran Anggaran