28.6 C
Manado
Kamis, 13 Mei 2021
spot_img
spot_img

Antisipasi Penambahan Kasus Covid Jelang Idul Fitri, PPKM Kembali Diterapkan

MANADOPOST.ID–Mengantisipasi pertambahan kasus covid-19 jelang hari raya Idul Fitri, Pemerintah Pusat mulai memberlakukan  Pembatasan  Kegiatan Masyarakat (PPKM), termasuk larangan mudik bagi masyarakat.

Kepala Dinas Kesehatan Bolmut dr Jusnan C Mokoginta MARS menekankan, hal tersebut dilaksanakan sebagai tindaklanjut penanganan Covid-19 yang dilakukan secara terpadu oleh Tim Satuan Gugus Tugas (Satgas) Kabupaten Bolmut.

“Jadi kita tetap melakukan upaya penanganan covid-19 bekerja sama dengan Tim Satgas Bolmut, dengan terus melakukan langkah-langkah percepatan penanganan covid-19, yang nanti akan melibatkan semua lapisan masyarakat,” jelasnya.

Lanjutnya, langkah-langkah tersebut di antarannya adalah dengan mengaktifkan kembali posko siaga covid-19 di desa-desa dan kecamatan.

“Nanti posko covid-19 akan kembali dimaksimalkan di setiap desa, begitu juga PPKM skala Mikro, serta protokol kesehatan kembali diperketat, termasuk melakukan screning bagi masyarakat yang datang dari luar daerah,” ungkapnya.

Namun, lanjutnya, itu dilakukan hanya di wilayah tertentu. Misalnya di perbatasan masuk Kabupaten Bolmut dilakukan screning suhu tubuh dan pengecekan kesehatan bagi pendatang oleh tim Satgas Covid-19.

Di samping itu, dirinya juga menambahkan pencegahan covid-19 terus dilaksanakan dengan melakukan tracing dan tracking pada Kontak Erat Resiko Tinggi (KERT) pasien positif.

Langkah-langkah antisipatif terus dilakukan oleh tim surveilens dengan tracing pada KERT dilapangan, pengambilan Swab cepat,  penyemprotan disinfektan dan isolasi mandiri Kert secara ketat,” terang Mokoginta.

Untuk itu, Kadis Kesehatan juga mengimbau masyarakat ikut berperan aktif memutus mata rantai penularan covid-19 di Kabupaten Bolmut dengan menaati protokol kesehatan.

“Apalagi di bulan suci ramadan dan menjelang Idul Fitri tetap mematuhi protokol covid-19 sehingga Kabupaten Bolmut bisa kembali berada pada Zona Hijau,” pungkasnya (ctr-06/ayu)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Artikel Terbaru