31.4 C
Manado
Rabu, 4 Agustus 2021
spot_img

Hadiri Sidang Paripurna Soal LKPJ APBD, Ini Pesan Bupati Depri Pontoh

MANADOPOST.ID—-Bupati Bolmut Drs Depri Pontoh menghadiri Sidang Paripurna DPRD dalam rangka Penyampaian Rancangan Peraturan Daerah Tentang Pertanggung Jawaban Pelaksanaan APBD Bolmut Tahun 2020.

Dalam sidang tersebut, Bupati Pontoh
menyampaikan, bahwa seluruh kegiatan dalam manajemen keuangan daerah yang diamanatkan dalam peraturan pemerintah nomor 58 tahun 2005 tentang pengelolaan keuangan daerah, mutlak dijalankan oleh pemerintah daerah, mulai dari perencanaan, pelaksanaan penatausahaan, pelaporan, pertanggungjawaban dan pengawasan.

“Rangkaian kegiatan tersebut menjadi bagian dari upaya mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dengan tiga pilar utama yaitu transparansi, akuntabilitas dan partisipatif,” tegasnya.

Lanjutnya, dalam pelaksanaannya, pengelolaan keuangan daerah dilakukan dalam satu sistem yang terintergasi yang diwujudkan dalam APBD. Yang setiap tahun ditetapkan dengan peraturan daerah.

Dia menekanakn, DPRD memiliki fungsi untuk melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan peraturan daerah tentang APBD, guna menjamin pencapaian sasaran yang telah ditetapkan.

“Dan pada akhirnya, Laporan Keuangan Daerah harus disampaikan oleh kepala daerah kepada DPRD dalam rangka memenuhi pertangungjawaban atas pelaksanaan APBD dengan Peraturan Daerah,” katanya.

Dia bersyukur, laporan keuangan Bolmut tahun anggaran 2020 telah diperiksa oleh BPK.

“Syukur Alhamdulillah, Pemerintah Daerah Bersama DPRD Beserta Masyarakat Bolmut meraih prestasi untuk kelima kalinya dengan mendapat opini WTP,” syukurnya.

(yogi/ayu)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Artikel Terbaru