30C
Manado
Jumat, 26 Februari 2021

Sangadi Incumbent, Wajib Kantongi Rekom Inspektorat

MANADOPOST.ID—Kepala Desa atau Sangadi petahana yang kembali mencalonkan diri pada Pemilihan Sangadi (Pilsang) serentak Bolsel tahun ini, harus mengantongi surat rekomendasi dari Inspektorat.

Ini dikatakan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Bolmong Selatan (Bolsel), Ekfarie Van Gobel, pekan kemarin.

Gobel, menuturkan surat ini menyatakan jika bersangkutan bersih atau tidak memiliki persoalan terkait Dana Desa (Dandes).

“Jadi bagi calon sangadi Incumbent, harus ada surat rekomendasi dari Inspektorat, bahwa yang bersangkutan tidak memiliki persoalan terkait dana desa,” ujarnya.

Di sisi lain, ketika disinggung kapan pelaksanaan tahapan Pilsang ini, Ekfarie belum dapat memastikannya. Disebabkan, pihaknya saat ini masing menunggu surat edaran terkait Petunjuk Teknis (Juknis).

“Juknis tersebut telah termuat tahapan-tahapan pelaksanaan Pilsang, termasuk persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon Sangadi,” ucapnya.

Sebelumnya, Kepala DPMD Bolsel Ekfarie Van Gobel mengatakan, pengisian jabatan Sangadi ini dilakukan berdasarkan aturan untuk mengisi kekosongan agar roda pemerintahan desa terus berjalan.

“Apalagi, pemerintah desa mengelolah dana desa dan alokasi dana desa yang jumlahnya tidak sedikit. Makanya, setelah pelantikan Pjs, Sangadi lama diminta langsung menyerahkan aset dan administrasi desa agar roda pemerintahan tidak pincang,” katanya.

Ditambahkannya, Pjs Sangadi menjabat hingga Sangadi terpilih dilantik. “Masa kerja Pjs, pasti setelah sangadi terpilih dilantik,” kuncinya. (ayu)

Artikel Terbaru