30C
Manado
Kamis, 15 April 2021

DPMD-BSG Teken MoU, Aparat Desa di Bolsel Bisa Ajukan Kredit

MANADOPOST.ID—Kabar gembira bagi seluruh perangkat Desa di Kabupaten Bolmong Selatan (Bolsel). Pasalnya, tahun ini semua perangkat Desa sudah bisa mengajukan kredit di PT Bank Pembangunan Daerah Wilayah Sulut dan Gorontalo (BSG).

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Bolsel Ekafrie Gobel menyebutkan, ini bentuk perhatian Pemerintah Kabupaten terhadap kesejahteraan aparat desa.

“Jadi, dalam Memorandum of Understanding (MoU) tersebut pihak Bank SulutGo bersedia memberikan pelayanan kredit konsumtif umum, bagi seluruh aparat desa di Bolsel,” terangnya.

Dikatakannya, MoU yang disepakati ini merupakan bagian dari tindak lanjut gagasan dan permintaan bupati Hi. Iskandar Kamaru, kepada pihak Bank SulutGo agar memberikan fasilitas kredit ke aparat desa.

“Pemkab Bolsel menjadi daerah pelopor pertama di Sulawesi Utara yang menggagas kebijakan dan kerjasama dengan Bank SulutGo, dalam pemberian kredit ke aparat desa,” tegasnya.

Lebih jauh, pasca ditandatanganinya MoU ini, maka perangkat desa berkesempatan mendapatkan fasilitas kredit dari Bank SulutGo. “Jadi, dalam proses pengajuannya, aparat desa tinggal bermohon dalam bentuk surat yang, ditanda tangani oleh Kepala Desa dan Camat setempat, termasuk rekomendasi dari DPMD,” jelasnya.

Untuk lebih jelasnya, sambung dia aparat desa yang ingin melakukan pengajuan kredit, bisa langsung ke Bank SulutGo.
“Nanti prosedur teknisnya dijelaskan oleh pihak Bank SulutGo,” katanya.

Sementara itu, Kepala Cabang Bank SulutGo Bolsel, Yunike Paputungan mengakui menyambut positif akan kerjasama tersebut. “Dari jauh hari, semasa penandatangan Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) dengan Pemkab Bolsel lalu,” sebut Paputungan.

Katanya, bapak Bupati Bolsel sudah menyampaikan kepada saya terkait rencana pemberian kredit ke aparat desa. “Jadi, MoU hanya sebagai langkah tindak lanjut saja,” tuturnya.

Terpisah, Bupati Bolsel Hi. Iskandar Kamaru berharap layanan tersebut mampu meningkatkan kesejahteraan aparat desa. Manfaatkan peluang ini untuk mengajukan pinjaman ke Bank SulutGo.

“Namun saya ingatkan, dana pinjaman nantinya bisa digunakan untuk modal berusaha yang produktif sehingga bisa mengembangkan ekonomi keluarga,” harapnya.

Disentil Kamaru, jangan gunakan untuk hura-hura atau kegiatan menyimpang lainnya. “Pinjaman ini harus digunakan dalam hal positif, jangan sebaliknya,” tandasnya. (ctr-03/ayu)

Artikel Terbaru