25C
Manado
Jumat, 26 Februari 2021

Cegah Stunting, Bolsel Bangun Ratusan Jamban

MANADOPOST.ID— Sebagai upaya mencegah stunting, Pemkab Bolsel melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), akan membangun ratusan jamban dengan total anggaran Rp8 miliar.

Hal ini, disampaikan Kepala Dinas PUPR Bolsel, Teddy Maningka melalui Kabid Cipta Karya PUPR, Arman Dali, Senin (1/2) kemarin.

Dikatakannya, pekerjaan tersebut, bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK). “Program ini, merupakan langkah pemerintah menseriusi penanggulangan Stunting di daerah tercinta ini,” beber Dali, saat diwawancarai Koran ini, di ruang kerjanya.

Lebih jauh, disebutkannya anggaran ini tidak melalui proses lelang ataupun tender. “Sebab, ini dikerjakan langsung oleh Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) dalam bentuk Swakelola,” ungkapnya.

Dia menambahkan, 15 paket tersebut tersebar di 15 desa diantaranya Desa Momalia satu, Luwoo, Sinandaka, Bakida, Milangodaa induk, Nunukaraya, Dudepo, Bolaang uki, Mataindo, Adow Deaga, Tobayagan Selatan, Dumagin B, Onggunoi Selatan, dan Modisi.

“Jadi, tiap Desa 50 Kepala Keluarga (KK) mendapatkan Jamban. Untuk, per unitnya dibandrol berkisar 10 juta,” tambahnya.

Di sisi lain, dia mengaku pihaknya berfungsi sebagai kontroling dan pengawasan program ini. “Nah, untuk tahapan pencairan dana ini dibagi tiga tahap, tahap pertama 30 persen, kedua 40 persen, dan terakhir 30 persen,” kuncinya. (ctr-03/ayu)

Artikel Terbaru