32C
Manado
Kamis, 21 Januari 2021

Tiga Nelayan Hilang Akhirnya Ditemukan, Bertahan dengan Layar Manual

BOLSEL- Tiga nelayan, yakni Abdul Gani Lamusu (49) warga Desa Pinolosian Selatan (Pinsel), Ferdi Lamusu (15) warga Pinsel dan Feldi Potabuga (39) warga Desa Nunuk, Kecamatan Pinolosian, akhirnya ditemukan di perairan Kabupaten Boltim.

Pelaksana Harian (Plh) Kepala Polsek Pinolosian AKP Sidik Humolango mengatakan, para nelayan tersebut dalam keadaan selamat. “Saat ini para nelayan sudah dijemput untuk dibawa pulang kepada keluarganya. Sebelumnya tiga nelayan tersebut sudah mendapatkan perawatan dari Puskesmas Nuangan,” kata PLH Kapolsek, Rabu (2/12).

Dia menuturkan, sebelumnya ketiga nelayan tersebut berpamitan kepada keluarganya, untuk pergi melaut pada Minggu (29/11) sekitar pukul 08.00 WITA, dengan menggunakan satu unit sampan di perairan Desa Motandoi dan recananya akan bermalam selama 2 malam. “Rencananya juga akan kembali ke kampung pada hari Selasa (1/12), namun hingga siang kemarin ketiga nelayan tersebut belum kembali. Maka dari pihak keluarga langsung melaporkan berita kehilangan di Polsek Pinolosian,” jelasnya.

Lanjutnya, diduga ketiga nelayan tersebut hanyut akibat tiupan angin kencang yang terjadi pada Senin (30/11). “Kemarin juga sempat dilakukan pencarian oleh pihak Polair dan para nelayan di lokasi ketiga nelayan tersebut biasa melakukan aktivitas memancing,” bebernya.

Terpisah, Sahak Potabuga, salah satu keluarga nelayan, mengatakan peristiwa nahas terjadi pada jam 03.00 WITA. “Arus laut menghantam disertai hujan dan angin kencang hingga terseret gelombang tinggi sampai di perairan Boltim Kotabunan Tutuyan,” ucap Potabuga.

Ditambahkan keluarga lain, Mus Manoarfa, perahu yang digunakan terbalik saat gelombang tinggi menerpa. “Namun tidak tenggelam sebab perahu menggunakan pelambung depan dan belakang. Setelah beberapa saat terbalik korban berusaha membalikan kembali perahu itu. Kemudian para korban dalam keadaan tertekan masih sempat berusaha membuat layar manual dari tenda perahu,” tukasnya, saat menghubungi Feldi Potabuga.(ctr-03)

Artikel Terbaru