23C
Manado
Minggu, 7 Maret 2021

Punya Hypertensi Kamaru-Deddy Gagal Divaksin

MANADOPOST.ID—Bupati Hi. Iskandar Kamaru bersama Wakil Bupati (Wabup) Deddy Abdul Hamid, gagal menjadi orang pertama dan kedua di suntik Vaksin Coronavirus Disease (Covid-19). Pasalnya, kedua top eksekutif di Kabupaten Bolmong Selatan (Bolsel), tidak memenuhi syarat pemeriksaan medis (Screning).

Kepala Dinas Kesehatan dr. Sadly Mokodongan, mengatakan Vaksinasi tahap satu ini Bupati dan Wabup, menjadi orang pertama yang dipanggil untuk discrening kesehatannya.

“Namun, sangat disayangkan niat itu harus pupus, ketika hasil pemeriksaan kedua pimpinan tersebut mengalami tekanan darah (Hypertensi) yang melebihi batas normal. Sehingga, sesuai medis tidak diperbolehkan untuk melakukan penyuntikan vaksin Sinovac,” beber Mokodongan.

Dikatakannya, bagi calon penerima vaksin harus melalui 4 tahapan, yakni tahap registrasi, kemudian screning kesehatan, lalu penyuntikan vaksin, dan terakhir relaksasi. “Apabila calon penerima vaksin memiliki riwayat kronis, Hypertensi, penderita auto imun, ibu-ibu hamil, dan penyakit lainnya. Tidak bisa menerima vaksin,” sebutnya.

Ditempat yang sama, Bupati mengaku meski gagal menjadi orang pertama dirinya tetap punya keinginan besar untuk disuntik vaksin. “Jika, tekanan darah normal, saya akan menyuntikan vaksin. Sebab, ini sebagai bentuk ikhtiar, penularan wabah Covid-19,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Cabang Kejaksaan Negeri Kotamobagu (Kacabjari) di Dumoga, Evans Sinulingga yang menjadi orang kedua divaksin, menuturkan bahwa tidak merasakan apa-apa setelah divaksin. “Puji syukur, usai divaksin dirinya tidak merasakan apapun,” ungkap Sinulingga.

Ditambahkannya, meski sempat tekanan darahnya, tidak normal, namun setelah dites berapa kali akhirnya, bisa disuntik vaksin. “Intinya, ini bukti bahwa vaksin itu aman dan halal bagi manusia,” tegasnya.

Disisi lain, dia meminta agar masyarakat tidak termakan isu hoax tentang vaksin. “Ini langkah nyata Pemerintah, dalam menangani dan mengendalikan penyebaran wabah dari Wuhan ini,” tukasnya.

Sekedar informasi, Danramil Bolaang Uki menjadi orang pertama yang disuntik Vaksin Sinovac. (ctr-03/ayu)

Artikel Terbaru