27C
Manado
Rabu, 27 Januari 2021

SNVT Sulut Awasi Program BSPS

MANADOPOST.ID— Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Direktorat Rumah Swadaya, melalui Satuan Kerja Non Vertikal Tertentu (SNVT) Perumahan Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), mengadakan evaluasi akhir pelaksanaan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS), belum lama ini.

Saat melakukan evaluasi, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Rumah Swadaya SNVT Penyediaan Perumahan Provinsi Sulut, Valrie Valke Sumaraw mengapresiasinya kinerja KMProv, Tim Teknis, Koordinator Fasilitator (Korfas) dan Tenaga Fasilitator Lapangan (TFL), yang merupakan bagian dari yang tidak bisa terpisahkan dengan keberhasilan program BSPS.

“Sejauh ini progres pelaksanaan BSPS di 9 kabupaten kota, di Sulut telah dilaksanakan dengan baik sesuai dengan standar rumah layak huni, yang sudah di tetapkan oleh kementerian PUPR. Semuanya tidak lepas dari Tim Kerja yang terbentuk, terutama TFL yang selalu bersentuhan langsung dengan penerima bantuan,” ucap Sumaraw.

Dia berharap, apa yang di sampai dalam evaluasi segera di tindak lanjuti dan apa yang belum selesai untuk secepatnya di selesaikan. “Semua kendala yang sudah di pecahkan solusinya segera di tindaklanjuti. Pastikan penerima bantuan menepati rumah yang sudah 100 persen, jangan hanya di bangun kemudian tidak berpenghuni,” tegasnya.

Di tempat yang sama KM Prov Fatmawaty Dangkua, ST menegaskan, akan lebih mengfokuskan pengawasan dan pengendalian (Wasdal) di Kabupaten Bolsel dan Sangihe.

“Karena di dua kabupaten itu baru memulai tahapan pembangunan fisik di bulan Oktober sehingganya butuh penanganan khusus untuk mendorong percepatan, apalagi ini sudah mau masuk bulan Desember. Target bisa terpenuhi jika semua pihak pro aktif di lapangan,” tegasnya.

Sementara itu Ketua Tim Teknis (KTT) BSPS Bolsel Rahim Badu, berkomitmen akan menuntaskan pengerjaan BSPS Bosel di bulan Desember.

“Saya yakin Bolsel bisa memenuhi target, karena saya di bantu oleh 2 Korfas yang berpengalaman serta TFL yang tinggal berdekatan dengan lokasi tugas, yang mengerti betul situasi di lapangan,” jelas Kabid Perumahan Dinas PUPR Bolsel ini.

Rinto, sapaan akrabnya ini juga mengaku, hasil pembagunan BSPS tahun ini akan mempengaruhi usulan di tahun depan. “Pihaknya, akan terus berupaya mendorong penyesaian pengerjaan BSPS Bolsel, karena nantinya ini bisa menjadi pertimbangan usulan bantuan perumahan di tahun 2021,” bebernya.

Terpisah, Korfas BSPS wilayah I Jois Pulumai menuturkan, sejauh ini progres pelaksanaan BSPS Bolsel sudah berjalan baik, yang perlu ditingkatkan adalah koordinasi dan komunikasi dari berbagai pihak terkait. “Meskipun ada beberapa kendala. Akan tetapi bagi kami, setiap permasalahan, pastinya ada solusinya,” tukasnya. (ctr-03/ite)

Artikel Terbaru