29C
Manado
Sabtu, 6 Maret 2021

Gelap, Jalur Dua Toluaya Picu Kejahatan

MANADOPOST.ID— Kondisi Jalan Jalur Dua di Desa Toluaya, Kecamatan Bolaang Uki, Kabupaten Bolmong Selatan (Bolsel), disoroti warga. Pasalnya, lampu Solar Cell yang ada sudah tidak bisa difungsikan.

Akibatnya, saat malam hari, tempat tersebut memicu terjadinya kejahatan. Pantauan Manado Post, dari 37 buah lampu solar Cell hanya 8 saja yang berfungsi, dan sering padam.

“Jika sudah malam, jalur dua Toluaya ini sangat gelap. Padahal jalur ini adalah icon Bolsel. Ada Islamic Center dan menjadi tempat berkumpulnya warga, harusnya bisa ditata dan diperindah,” pinta salah satu warga yang namanya tidak ingin dikorankan

Dia pun membeber, sudah cukup lama jalur dua Toluaya itu gelap. Bahkan kendaraan yang melintasi jalur dua di malam hari bisa dihitung dengan jari. “Sudah bertahun-tahun lampu ini rusak. Ini karena jalur dua sangatlah horor. Jadi para pengendara takut lewat disini,” akunya.

Parahnya, saat malam hari lokasi ini bisa saja jadi sarang kumpul kaum muda-mudi. “Biasanya anak muda berkumpul mungkin mereka meminum Alkohol, atau bisa saja menjadi tempat mesum. Sebab, ini dipicu karena tidak ada penerangan dan bisa menimbulkan hal-hal negatif lainnya,” sebutnya.

Senada dikatakan Wati, warga lain, jika jalur dua Toluaya juga sering jadi ajang balapan liar. “Biasanya anak-anak SMA yang sering balapan disini, dan itu sangat menggangu,” keluhnya.

Dia pun meminta agar pihak kepolisian bisa menindak hal-hal seperti ini.

“Kalau balap liar sebaiknya ditindak, tapi kalau jalurnya gelap itu butuh perhatian pemerintah. Ini kan letaknya di Ibukota, jadi harusnya bisa lebih dipercantik,” tekannya.

“Hal ini akan berdampak negatif bagi pendatang yang mampir ke Bolsel. Jika mereka melewati jalur ini, maka kesan mereka akan sangat buruk,” timpanya.

Menanggapi hal ini, Sekertaris Dinas Perhubungan (Dishub) Bolsel Masni H. Pomo, membenarkan jika jalur dua Toluaya masuk dalam program pengadaan mereka.

“Iya itu salah satu program Dishub Bolsel,” tutur Pomo.

Ketika ditanyai kerusakan lampu solar cell tersebut, Pomo menjelaskan akan segera berkoordinasi dengan teknisi di lapangan. “Kita akan koordinasikan dengan teknisi dulu, karena memang pembangunannya sudah sangat lama,” tukasnya. (ctr-03/ayu)

Artikel Terbaru