24.6 C
Manado
Jumat, 18 Juni 2021
spot_img

Diduga Korupsi Dana Desa, Sangadi di Bolsel Berkilah

MANADOPOST.ID – Kepala Desa atau Sangadi di Desa Tobayagan Kecamatan Pinolosian Tengah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Masri Podomi, menepis laporan warga terkait dugaan korupsi Dana Desa (Dandes).

Saat dikonfirmasi, Rabu (5/5) dirinya mengaku, proyek lapangan dengan kucuran anggaran sejak tahun 2018 tersebut, tak bermasalah. “Kalau dihitung timbunannya itu kurang lebih 6000 kubik, dari volume 4.500 kubik,” terang Podomi.

Ia pun berkilah, bahwa proyek lapangan tersebut, tak serta merta langsung tuntas 100 persen. “Ini kan ada beberapa tahapan seperti beli rumput minimal dua kali,” sebut Sangadi Podomi.

Ketika disentil soal pembangunan lapangan yang tak selesai, Ia pun beralasan pembangunan tersebut tak kunjung selesai akibat terhalangi pandemi Covid-19. Meski yang disebutkan bukan terkait pembangunan, namun anggaran pemeliharaan.

“Nah masuk tahun kedua kami menganggarkan kembali untuk memperindah lapangan. Tapi, tidak diizinkan oleh Pemerintah karena ada wabah Covid-19. Alhasil, anggarannya digeser untuk penanganan wabah dari Wuhan tersebut,” terang Podomi.

Terkait pembangunan tribun di Desa Tobayagan, Podomi berkilah, anggaran pembangunan sempat menggunakan uang milik Sangadi. “Setelah dihitung bahannya langsung dibelanjakan oleh pelaksana. Setelah itu, bahannya habis, sampai saya pun menambah pakai uang pribadi saya. Sekitar 10 juta belanja besi,” kilah Sangadi.

Pembangunan tribun pada kawasan lapangan di Desa Tobayagan Kecamatan Pinolosian Tengah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan tak kunjung selesai.

Untuk RTLH sendiri, Podomi mengaku bahwa proyek sedari tahun 2020 tersebut masih belum tuntas. “Masih dalam proses pekerjaan satu unit dan akan selesai dalam waktu dekat ini. Satu dua hari ini akan segera tuntas. Lainnya sudah masuk 90 persen,” ungkap Sangadi.

Terkait hal ini, ia berkilah bahwa ada keterbatasan tenaga kerja di Kecamatan Pinolosian Tengah. “Di sini sulit cari bas. Kurang ambil orang dari Kotamobagu,” kata Sangadi. (Romansyah Banjar)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Artikel Terbaru