26 C
Manado
Jumat, 4 Desember 2020

Jaksa Kuliti Dugaan Korupsi Dandes di Desa Ilohelumo

MANADOPOST.ID—Tersangka dugaan korupsi Dana Desa (Dandes) di Desa Ilohelumo Kabupaten Bolmong Selatan (Bolsel) berinisial AM selaku penyedia barang pemilik UD wendyarsa pratama. Mangkir dari panggilan Kejaksaan.

Kepala Cabang Kejaksaan Negeri (Kacabjari) Kotamobagu di Dumoga Evans Sinulingga, mengaku AM telah mangkir sebanyak tiga kali dari panggilan yang diberikan oleh pihaknya.

“Tiga kali, kami layangkan surat panggilan. Namun, yang bersangkutan tidak mengindahkan surat pemanggilan tersebut,” beber Sinulingga, saat dihubungi Manado Post, kemarin.

Lanjutnya, pihaknya mengalami kesulitan saat menghubungi nomor HandPhone tersangka, tidak aktif. “Jaksa kesulitan mengirimkan surat panggilan dikarekan tidak berada di rumah yang bersangkutan. Oleh karena itu jaksa meminta bantuan kepala desa setempat untuk meneruskan surat panggilan  kepada tersangka,” terangnya.

Kemudian, katanya jaksa penyidik cabjari dumoga menjadwalkan kembali pemanggilan tersangka inisial AM. “Pada hari ini tanggal 5 november, kami memanggil tersangka lagi,” ujarnya.

Selain itu, dirinya meminta agar AM bisa kooperatif untuk memenuhi panggilan jaksa penyidik. Untuk itu kami mengimbau kepada tersangka agar bersikap kooperatif dengan datang memenuhi panggilan penyidik Cabjari Dumoga serta memberikan keterangan secara benar.

“Jika kali ini tersangka mangkir lagi dari panggilan tanpa disertai alasan yang dibenarkan hukum, Penyidik bisa melakukan upaya paksa. Sesuai tahapan pemanggilan yang didasarkan pada KUHAP,” tegasnya.

Lebih jauh katanya, hasil pemeriksaan dan fakta hukum selama penyidikan oleh penyidik pidana khusus Cabjari Dumoga, AM telah memenuhi syarat untuk ditetapkan kembali sebagai tersangka.

“Diduga melanggar Pasal 2 ayat (1) dan/atau Pasal 3 Jo. Pasal 18 UU RI Nomor 31 Tahun 1999 tentang Tipikor sebagaimana diubah dan ditambah dengan UU RI Nomor 20 Tahun 2001 tentang Tipikor jo. Pasal 64 ayat (1) KUHP jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP,” tukasnya.

Sekedar informasi, tersangka merupakan kasus dugaan korupsi dalam pengadaan mesin paras sebanyak 120 unit, tangki semprot sebanyak 120 unit dan mesin katingting sebanyak 7 unit di tahun anggaran 2018.

Tersangka AM tidak memberikan keterangan dan alasan kepada jaksa. Pengadaan bernilai Rp 509.500.000, pada desa iloheluma. Dari hasil Perhitungan Kerugian Negara (PKN) terdapat kerugian keuangan negara sebesar Rp. 321.931.931. (ctr-03/ayu)

-

Artikel Terbaru

Jasa Raharja Salur 35,1 Miliar Santunan Lakalantas

Hingga November PT Jasa Raharja Cabang Sulawesi Utara telah menyerahkan santunan kecelakaan lalu lintas sebesar Rp 35,1 miliar.

Tidak Perlu Percaya Hoax, PAHAM Masih Teratas

Pendukung fanatik dan militan paslon wali kota Manado Julyeta Paulina Amelia Runtuwene (JPAR) dan wakil wali kota Harley Mangindaan (AiM) tidak perlu merasa terganggu dengan upaya pembentukan opini miring yang disampaikan oleh lawan-lawan politik PAHAM terkait dengan hasil riset yang dilakukan lembaga survei Indobarometer yang menempatkan elektabilitas paslon PAHAM sudah mencapai 39,5 persen atau selisih 12,2 persen dengan paslon berikutnya.

Diutus Khusus, Pdt Arina dan Pelsus GMIM Doakan PAHAM

Masuknya nama Wakil Ketua Komisi W/KI Sinode GMIM Penatua Prof DAr Julyeta Amelia Paulina Runtuwene MS (JPAR) dan Ketua Komisi P/KB Wilayah Manado Timur IV Penatua Dr Harley Mangindaan, dalam daftar calon wali kota dan wakil wali kota Manado yang akan bertarung dalam pilkada 9 Desember mendatang, rupanya menjadi perhatian khusus BPMS GMIM.

Taman Baca Beroperasi 2021

Semakin berkembangnya zaman, namun disayangkan minat baca masyarakat semakin minim.

Bagi-Bagi Masker Gratis Cegah Covid-19

UPTD Puskesmas Boroko Kecamatan Kaidipang Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) turut serta mengampanyekan Gerakan Bersama (Gema) 3M Lawan Covid-19.