25 C
Manado
Kamis, 6 Agustus 2020

Metode Belajar Daring Dikeluhkan

Terkendala Gadget dan Jaringan, Begini Curhatan Guru Ajari Siswanya

MANADOPOST.ID—Pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) sangat berdampak pada perekonomian, sosial, serta pendidikan.

Akibat, wabah ini Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) harus dilakukan dengan metode Dalam Jaringan (Daring). Hal ini sesuai Surat Edaran MendikbudNomor 36962/MPK.A/HK/2020, guna pencegahan penyebaran Covid-19.

Namun metode ini ternyata tidak bisa diterapkan di Kabupaten Bolmong Selatan (Bolsel). Pasalnya, tidak semua murid mempunyai Gudget.

Ketika dikonfirmasi Manado Post, Guru Wali Kelas II A Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) I Bolsel Yulfita Hasan S.Pd mengatakan,  metode Daring tidak bisa dilaksanakan.

“Metode daring tak bisa dikerjakan oleh siswa-siswi, selain jaringan faktor utamanya murid tidak mempunyai Gudget,” beber Dian sapaan akrabnya.

Menurut dia, untuk memenuhi tugas dan tanggung jawab maka guru-guru harus berkunjung ke rumah masing-masing murid.

“Coba dibayangin, satu kelas terdapat 20 siswa, dan rumah mereka (siswa) berjauhan. Sehingga memakan waktu yang lama untuk menyelesaikan mata pelajaran,” keluhnya.

Menurut dia, metode ini tidak baik untuk diterapkan. Karena tidak efektif dan efisien,  apalagi ini musim penghujan. “Kami wajib berkunjung ke rumah semua siswa per harinya,” ungkapnya.

Dia berharap semoga wabah ini bisa berakhir dan keadaan kembali normal. “Mudah-mudahan angka penyebaran Covid-19 ini segera menurun,” tukasnya. (ctr-03/ite)

-

Artikel Terbaru

Cek Data Pemilih, Kowaas: Nomor Bebas Pulsa

Pendataan pemilih menjadi hal krusial demi suksesnya Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2020.

Jika Ada Kecurangan Pilkada, Soputan: Lapor di Aplikasi Gowaslu

Peran teknologi informasi turut mendukung pelaksanaan penyelenggaraan Pilkada.

OD Minta Kepala Daerah Sosialisasikan Gerakan Kibar Serentak Merah Putih

Gerakan Kibar Serentak Merah Putih oleh Gubernur Sulut Olly Dondokambey (OD) yang dimulai sejak 1-31 Agustus untuk memperingati Hari Kemerdekaan RI ke-75 masih belum tersosialisasi dengan baik.

Airmadidi Banjir Bantuan SGR-PDM

Kepedulian Shintia Gelly Rumumpe (SGR) dan Petrus Defni Macarau (PDM) untuk warga Minahasa Utara (Minut) tak hanya isapan jempol semata. Mengawali bulan kemerdekaan, SGR dan PDM terus turun langsung membagikan bantuan untuk warga yang membutuhkan.

MEP Nahkodai Golkar Minsel

Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Minsel resmi memiliki nahkoda baru. Seperti diketahui dalam Musyawarah Daerah (Musda) Golkar ke-IV, yang digelar pada Senin (3/8) kemarin, bertempat di Hotel Sutanraja Amurang, dr Michaela Elsiana Paruntu MARS atau yang akrab disapa MEP, resmi menahkodai Golkar Minsel.