28 C
Manado
Kamis, 3 Desember 2020

1.100 Warga BMR Terima Sertifikat Tanah

MANADOPOST.ID— Program Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) dan dan Redistribusi tanah, merupakan salah satu program unggulan Presiden RI Joko Widodo, saat pertama menahkodai Indonesia.

Program pembagian sertifikat tanah ini pum menyentuh Kabupaten Bolmong Selatan (Bolsel), Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Sebanyak 1.100 sertifikat tanah yang dibagikan pemerintah Kabupaten Bolsel, melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPUPR).

Kepada Manado Post, Kepala DPUPR Bolsel Tedi Manika, melalui Kepala Bidang (Kabid) pertanahan James Koagouw menuturkan dari program PTSL sebanyak 600 sertifikat, sedangkan Redistribusi tanah 500

. “Jadi totalnya 1.100 sertifikat tanah di tahun ini yang dibagikan kepada masyarakat pesisir Selatan BMR,” ujar Koagouw, saat dikonfirmasi di kantornya, Kamis (12/11) kemarin.

Lanjutnya, sebelum refocusing kurang lebih 2.000 sertifikat tanah yang akan dibagikan. “Karena, adanya Pandemi sehingga terpangkas,” tegasnya.

Lebih jauh, katanya proses sertifikasi tanah ini secara kolektif. “Dari awal pengukuran tanah, hingga penginputannya memakan waktu kurang lebih setahun. Sebab pengukuran tanahnya bukan per orang, namun kolektif,” bebernya sembari menegaskan bahwa proses sertifikasi ini tidak dipungut biaya apapun alias gratis.

Dia berharap dengan program ini bisa membantu masyarakat Bolsel. “Semoga dengan sertifikasi tanah ini, maka otomatis harga tanahnya juga baik,” kuncinya.  (ctr-03/ayu)

-

Artikel Terbaru

Kawangkoan Utara Perdana Terapkan STBM

MANADOPOST.ID--Guna mewujudkan masyarakat yang sehat, upaya terus dilakukan pemerintah kabupaten hingga di kecamatan dan desa. Hal itu terbukti dengan program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) yang menjadi salah satu atensi pemerintah Kabupaten Minahasa.

Diapresiasi Tim Kedeputian Kantor Staf Presiden, Ini Kesiapan Polda Sulut Kawal Pilkada Serentak

Kapolda Sulut Irjen Pol Panca Putra memaparkan kesiapan Polda Sulut dalam melaksanakan pengamanan Pilkada Serentak Tahun 2020. Kesiapan pengamanan tersebut dipaparkan Kapolda di hadapan Tim Kedeputian V Kantor Staf Presiden, yang melaksanakan kunjungan kerja di Polda Sulut, Kamis (3/12).

Kasus Covid Masih Bertambah, Ini Pesan Kapolda Panca Putra Hadapi Pilnataru

Polda Sulawesi Utara bersama TNI, Gugus Tugas Covid-19 Provinsi, KPU, Bawaslu, Tokoh Agama dan PHRI, sepakat terus melakukan upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

Kapolda Sulut: Saya Harap Anda Betul-betul Siap!

Kapolda Sulut Irjen Pol Panca Putra memberikan apresiasi terhadap pelaksanaan tugas yang selama ini dilaksanakan oleh personel Polda Sulut dan seluruh jajaran.

Personel Polda Sulut Dibekali Vitamin-APD, Kombes Abast: Upaya Mendukung Suksesnya Pilkada

Menjelang serpas (pergeseran pasukan) pengamanan Pilkada Serentak 2020 ke Polresta dan Polres jajaran, mulai Jum’at (04/12), seluruh personel Polda Sulut yang di-BKO (Bawah Kendali Operasi) mendapatkan bekal APD (Alat Pelindung Diri) serta suplemen multi vitamin.