27 C
Manado
Jumat, 27 November 2020

Disparbud Tingkatkan Kualitas Pengelola Home Stay

MANADOPOST.ID–Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Bolmong Selatan (Bolsel), berhasil menggelar kegiatan Tata Kelola Homestay.

Acara ini berlangsung selama tiga hari, dan ditutup pada Kamis (12/11) di Kantor Disparbud Bolsel.

Kegiatan tersebut, Disparbud Bolsel menghadirkan empat pemateri handal dalam bidang Pariwisata, yakni Muh. Yusuf Dino Gobel Selaku Staf Khusus Gubernur Bidang Pariwisata, Hartini Mochtar selaku Manager Tasik Ria Resort Manado, Drevi Malalantang yang merupakan Direktur Stipar Manado, dan Fahrid selaku Chef di Swiss-Belhotel Maleosan Manado.

Kepada Manado Post, Kepala Dinas Disparbud Bolsel Wahyudin Kadullah, pelatihan ini digelar untuk meningkatkan kapasitas serta kualitas dari para pengelola Homestay di Bolsel.

“Pihaknya ingin para pengelola Homestay di Bolsel mendapatkan pemahaman dan ilmu baru untuk bagaimana kedepannya mengelola Homestay dengan baik,” ujar Kadullah, saat dikonfirmasi koran ini.

Mantan Kadis Perhubungan Bolsel ini meminta agar para pengelola Homestay tersebut, bisa menerapkan lima hal penting dalam mengelola Homestay. “Yakni Promosi, Reservasi, Sanitasi, Security, dan Hospitality. Kelima hal ini harus senantiasa diperhatikan,” pesannya.

Kadis yang sering disapa Yuex ini meminta para pengelola Homestay di Bolsel bisa memanfaatkan pelatihan tersebut, untuk menambah ilmunya guna membuat para wisatawan betah.

“Curi ilmu dari para pemateri sebanyak mungkin, agar bisa paham membuat pengunjung betah ketika berkunjung ke Homestay kalian,” ajak dia.

Senada, Kepala Bidang Industri Disparbud Bolsel Fauzi Makkah, berterima kasih atas kepada semua peserta yang menyempatkan diri hadir di pelatihan Tata Kelola Homestay.

“Semua materi yang sudah disampaikan, kiranya dapat diterapkan saat bapak dan ibu kembali mengurus Homestay masing-masing,” singkatnya.

Sementara itu, Manager Tasik Ria Resort Manado Hartini Mochtar menuturkan jika Homestay adalah bagian yang penting dalam sebuah industri pariwisata.

“Karena sebelum wisatawan datang, mereka sudah melakukan planing. Dan satu dari planing mereka adalah tempat beristirahat,” tuturnya.

Ditambahkannya, hal ini harus jadi peluang besar bagi pengelola Homestay yang ada di Bolsel.

Meski begitu dia mengingatkan kepada pengelola Homestay untuk senantiasa memberikan rasa nyaman kepada para pengunjung. “Rasa nyaman itu penting buat mereka juga harus ditopang fasilitas yang mumpuni, dan pelayanan yang maksimal, minimal harus murah senyum,” kata dia.

Dirinya optimis bila Homestay di Bolsel akan berkembang pesat, bila dikelola dengan baik. “Nah, karena Bolsel kan belum ada hotel. Jadi peluang untuk Homestay jadi tujuan itu sangat besar,” tandasnya. (ctr-03/ayu)

-

Artikel Terbaru

Terbaik Kedua, Rotty Raih Penghargaan PKN Tingkat II

MANADOPOST.ID– Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat II Angkatan XVI tahun 2020 yang diselenggarakan oleh Lembaga Administrasi Negara (LAN)

Gran Puri Siapkan Pesta Pergantian Tahun Berkesan

PENAWARAN spesial di malam tahun baru. Hotel Gran Puri Manado mempersembahkan Aloha Pool and Grill Party 2021.

538 Wasit Pemilu Dirapid test

MANADOPOST.ID—Menjamin kesehatan penyelenggara, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) gelar rapid tes massal. Bagi seluruh jajaran pengawas pemilihan di setiap tingkatan, Kamis (26/11) kemarin.

Distanak Kena Sorot, Pupuk di Minsel Langka

MANADOPOST.ID—Bulan November 2020 ini musim tanam bagi petani. Tapi saat ini kelangkaan pupuk terjadi. Membuat petani kesulitan mencari pupuk.

KPU Minsel Beber 15 Hal Baru di Pilkada

MANADOPOST.ID—Perhelatan pemilihan kepala daerah (Pilkada) di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) tak lama lagi selesai. Masyarakat pada 9 Desember nanti bakal