28C
Manado
Selasa, 9 Maret 2021

Pemdes Polisikan Nelayan Bajo

MANADOPOST.ID—Kepolisian Resor (Polres) Bolmong Selatan (Bolsel) bergerak cepat, mengamankan empat nelayan asal Desa Bajo, Kecamatan Tilamuta, Kabupaten Boalemo, Provinsi Gorontalo.

Pasalnya, mereka (nelayan) diamankan karena diduga melakukan aktivitas menangkap ikan diperairan Bolsel tepatnya di Desa Pinolantungan, Kecamatan Bolaang Uki, dengan menggunakan alat tangkap yang tidak ramah lingkungan, Senin (18/1) kemarin.

Kepada Manado Post, Kapolres Bolsel, AKBP Yuli Kurniato, SIK, menuturkan ke empat warga Bajo tersebut sudah di bawah ke Polres untuk di mintai keterangan mengenai aktivitas mereka beserta dengan barang bukti berupa satu buah perahu dan alat kompresor.

“Pihaknya menerima laporan dari Pemerintah Desa (Pemdes) dan Komunitas Bolsel Diving Club (BDC) berkisar pukul 00.00 WITA, dini hari tadi. Dimana telah terjadi penangkapan ikan menggunakan alat yang dilarang. Saat ini ke empat warga itu sedang interogasi oleh penyidik,” beber Kurnianto.

Lanjutnya, para nelayan tersebut bermukim di Desa tersebut. “Dari informasi yang didapat penangkapan ikan sudah berlangsung kurun tigaa hari lalu, sehingga membuat masyarakat setempat resah,” ungkap orang nomor satu di Polres Bolsel ini.

Ditambahkannya, berdasarkan Undang-Undang No 45 Tahun 2009 tentang Perikanan melarang nelayan tangkap mengunakan alat tangkap yang merusak biota laut.

“Demikian juga dengan apa yang termasuk didalam kode etik dalam menangkap ikan (CCRF), bahwa nelayan tidak boleh menggunakan alat tangkap ikan yg berbahaya bagi dirinya,” tandasnya. (jen)

Artikel Terbaru