26C
Manado
Jumat, 26 Februari 2021

25 Desa di Bolsel Segera Miliki Sangadi Baru

MANADOPOST.ID— Sebanyak 25 desa di Kabupaten Bolmong Selatan (Bolsel), tahun ini, akan menggelar Pemilihan Sangadi (Pilsang) atau Kepala Desa serentak.

Bahkan, pelaksanaan Pilsang ini, rencananya akan digelar pada bulan April mendatang. Ini diungkapkan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Bolsel, Ekafrie Van Gobel, belum lama ini.

Gobel mengatakan Insyaallah jika tidak ada halangan, Pilsang serentak kita lakukan pada akhir bulan April mendatang.

Lanjutnya, dikarenakan kepala desa di 25 desa yang akan menggelar Pilsang ini telah berakhir masa tugasnya, maka ditunjuklah Pejabat Sementara (Pjs), dalam rangka menjalankan roda pemerintahan di tingkat desa tersebut.

“Untuk sekarang ini Pjs Sangadi merupakan ASN dari jajaran Pemda Bolsel yang ditunjuk bupati dan dilantik oleh camat setempat, berdasarkan delegasi bupati,” ucapnya.

Sebelumnya, Kepala DPMD Bolsel Ekfarie Van Gobel mengatakan, pengisian jabatan Sangadi ini dilakukan berdasarkan aturan untuk mengisi kekosongan agar roda pemerintahan desa terus berjalan.

“Apalagi, pemerintah desa mengelolah dana desa dan alokasi dana desa yang jumlahnya tidak sedikit. Makanya, setelah pelantikan Pjs, Sangadi lama diminta langsung menyerahkan aset dan administrasi desa agar roda pemerintahan tidak pincang,” katanya.

Ditambahkannya, Pjs Sangadi menjabat hingga Sangadi terpilih dilantik. “Masa kerja Pjs, pasti setelah sangadi terpilih dilantik,” kuncinya. (ctr-03/ayu)

Artikel Terbaru