29 C
Manado
Selasa, 24 November 2020

Simulasi Pemungutan Suara Libatkan 200 Warga

MANADOPOST.ID—Kurang lebih 20 hari lagi pemilihan kepala daerah yang akan dihelat 9 Desember mendatang. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bolmong Selatan (Bolsel) akan menggelar simulasi pemungutan suara. Hal ini disampaikan Ketua KPU Bolsel Stanly Eskolano Kakunsi, Kamis (19/11) kemarin.

Kakunsi mengatakan, sesuai agenda pelaksanaan simulasi itu akan digelar pekan ini. “Jika tidak ada aral melintang, Insya Allah simulasi pemungutan suara kita laksanakan Sabtu 21 November pekan ini,” bebernya.

Menurut dia, selain kegiatan simulasi pemungutan suara, pihaknya akan menggelar sosialisasi terkait dengan teknis pelaksanaan tahapan pemungutan suara di TPS, yang menyesuaikan dengan standar protokol kesehatan (Prokes) pencegahan Covid-19.

“Sosialisasi ini penting, agar nantinya masyarakat bisa dengan baik menerapkan Prokes Covid-19 saat nanti datang  ke TPS,” ungkapnya.

Mantan Wartawan Manado Post ini mengaku, kegiatan itu  akan mengikutsertakan 200 masyarakat yang akan berpartisipasi dalam simulasi dan sosialisasi tersebut. “Ada 200 warga yang jadi pesertanya,” sebutnya.

Lanjutnya, dalam simulasi nanti, pihaknya akan menyiapkan 200 lembar surat suara simulasi beserta surat suara cadangan sebanyak 2,5 dari total jumlah surat suara yang disiapkan di TPS.

“Karena kita akan buat kondisi pelaksanaan pemungutan suara ini sebagaimana yang nantinya akan terjadi di tanggal 9 Desember nanti. Rencananya kegiatan ini akan dilaksanakan di Kecamatan Pinolosian. Selain masyarakat kegiatan tersebut juga akan dihadiri oleh Forkopimda,” urainya.

Senada, Kadiv teknis dan Wakadif SDM Parmas Fijay Bumulo. Dia menjelaskan, pihaknya telah berkoordinasi dengan KPU Provinsi Sulut. “Hasilnya, akhir pekan ini ada 5 KPU Kabupaten/Kota yang melaksanakan kegiatan ini di hari yang sama,” tutur Bumulo.

Ditambahkannya, ada kurang lebih 15 hal yang baru dalam pemilihan tahun ini. Pastinya berbeda, karena saat ini wabah Covid-19 masih menyerang.

“Akan tetapi pihaknya telah mendesain pemungutan suara, serta perhitungan suara itu, dengan menerapkan protokol pencegahan Covid-19,” tegasnya.

Dia juga meminta masyarakat, agar jangan takut datang ke TPS. “Sebab,  kami telah menyiapkan masker, dan apabila ada suhu badan yang melebihi 37 derajat, ada bilik khususnya,” tandasnya. (ctr-03/ite)

-

Artikel Terbaru

517 Guru Honorer di Bolsel Bakal Terima BSU

MANADOPOST.ID--Sebanyak 517 guru honorer di Kabupaten Bolsel akan mendapatkan Bantuan Subsidi Upah (BSU).

Tegas! Belum Kuorum, Silangen Skors Paripurna Penetapan RAPBD 2021

MANADOPOST.ID—Paripurna penetapan RAPBD 2021 yang digelar DPRD Provinsi Sulut terpaksa diskors. Agenda ini sebelumnya dijadwalkan pukul 11.00.

OJK Luncurkan Aplikasi UMKM-MU

MANADOPOST.ID— Minggu (22/11) pekan lalu, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) genap berusia 9 tahun. Bertepatan dengan momentum itu pun, OJK meluncurkan aplikasi UMKM-MU, yaitu platform digital dalam bentuk website dan mobile app yang dikembangkan oleh OJK untuk membantu UMKM binaan dalam memperluas akses pasar secara digital.

11 Mitra Binaan Sulut `Disuntik` 1,7 Miliar

MANADOPOST-ID-- Pagi tadi sekira Pukul 10.22 WITA, Bertempat di Four Point by Sheraton Manado, PT Pertamina

FDW-PYR Banjir Dukungan di Kecamatan Sinonsayang

MANADOPOST.ID—Pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) Franky Donny Wongkar dan Pdt Petra Yani Rembang (FDW-PYR), terus menuai dukungan penuh masyarakat.